Menyepi Sejenak di Pantai Momong, Destinasi Baru di Kawasan Lampuuk

Bibir pantai Momong dari ketinggian @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Pantai Momong, begitulah masyarakat setempat menyebutnya. Disebut momong karena di tempat itu pada zaman duhulu banyak terdapat bekas galian seperti sumur. Berada di balik perbukitan Lampuuk, tempat ini menjadi destinasi wisata baru bagi warga.

Pantai ini berada dalam kawasan pemukiman Lampuuk, Gampong Meunasah Bale, Kecamatan Lhok Nga, Kabupaten Aceh Besar. Belum banyak yang tahu mengenai keberadaan pantai ini, karena keberadaan pantai ini terletak di balik tebing Lampuuk atau bersebelahan dengan pantai Babah Dua.

“Sebenarnya momong berasal dari kata mon atau sumur dalam bahasa Aceh, karena di sini dulu banyak galian seperti sumur, seiring berjalannya waktu kemudian masyarakat menyebutnya momong,” kata Eky’s pemilik Momong Resort kepada acehTRend, Minggu (28/10/2018).

Meski belum tersohor seperti pantai lain di Lampuuk yang sudah menjadi tempat favorit bagi warga Banda Aceh dan Aceh Besar. Pantai momong tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pengunjung bersantai di kafe di pantai Momong @aceHTrend/Hendra Keumala

Pantai ini memesona dengan pemandangan alam yang masih alami, momong juga menyajikan bibir pantai yang asri, dengan laut biru berpasir putih dan berbatu karang cukup memanjakan mata para pengunjung.

Di tempat ini juga terdapat Eky’s Momong Cafe and Resort, sebagai satu-satunya tempat istirahat, yang menawarkan berbagai aneka minuman dan makanan. Di sini pengunjung bisa bersantai sembari menatap keindahan pantai.

“Suasananya alami, pantainya juga bagus, sambil menikmati kelapa muda dari sini kita juga bisa melihat pesona keindahan pantai Lampuuk dari kejauhan,” kata Khairul salah seorang pengunjung.

Selain memiliki hamparan pasir putih yang memikat, ditambah air laut yang jernih dengan gradari kebiruan yang cantik di pantai Momong juga terdapat benteng atau bungker pertahanan peninggalan tentara Jepang. Bungker yang masih kokoh itu pertahanan ini tersebar di beberapa titik.

Panorama bibir pantai Momong. @aceHTrend/Hendra Keumala

Untuk sampai di tempat ini, bila pengunjung berangkat dari Kota Banda Aceh hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendaraan. Sampai di pintu gerbang Joel’ Bungalows Pantai Lampuuk pengunjung hanya perlu mengambil jalur kanan, dari sini menempuh jarak sekitar 800 meter Anda sudah mencapai pantai Momong.

Sebelumnya akses untuk mencapai tempat ini hanya dapat dilalui dengan jalan setapak, tetapi sekarang akses ke sana sudah dapat dilalui kendaraan roda empat karena sudah ada terobosan jalan.

Namun apabila sedikit saja turun hujan jalan akan berlumpur karena jalan baru dibuat. Kondisi tanah belum terlalu padat dan agak menanjak. Namun bila sudah mencapai lokasi semua itu akan terlunasi dengan pesona alam yang disuguhkan pantai Momong.[]

Editor : Ihan Nurdin