Tari Ratoh Jaroe Pukau Penonton FPSB Bireuen

ACEHTREND.COM,Bireuen- 18 dara usia Sekolah Menengah Atas (SMA) naik ke atas pentas secara berurutan. Pakaian mereka gemerlap dengan warna yang berbeda, ada yang memakai baju warna hijau, kuning dan merah. Warna khas Aceh yang dipadu manik serta aksesoris lainnya yang serba meriah.

Begitu rapai menghentak yang dimaikan oleh dua lelaki di samping pentas, serta dipadu dengan syair yang didendangkan oleh syeh perempuan, gerakan atraktif 18 dara itupun segera menyedot perhatian penonton dari ragam kelas sosial.

Di depan ratusan tamu dan penonton, 18 dara menarikan tari ratoeh jaroe, yang merupakan tari kreasi yang kini telah menjadi salah satu tarian khas Aceh.

Penampilan atraktif mereka yang bernaung di bawah Sanggar Meuligoe Jeumpa di Bireuen itu, merupakan pembuka malam penutupan dan anugerah seni yang digelar pada Festival Parade Seni Budaya Kabupaten Bireuen, Senin malam (5/11/2018). Kegiatan itu dihelat oleh Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen yang dipimpin oleh H. Mukhlis, A.Md.

Di sela-sela tarian, penonton memberikan tepuk tangan applaus dari penonton.

Ketua DKA Bireuen Mukhlis menyebutkan, bahwa kegiatan itu digelar sejak 3 hingga 5 November 2018, bertujuan untuk menggali seni dan budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat.

KOMENTAR FACEBOOK