RDPU Raqan Narkotika, Sulaiman Abda Ajak Semua Melawan Narkoba

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Sulaiman Abda, Wakil Ketua DPRA, membuka Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) rancangan qanun (raqan) pencegahan penyalahgunaan narkotika.

“Pada dasarnya, Islam melarang kita membahayakan diri, termasuk dengan narkoba, kita harus bertekad melawan narkoba, katakan tidak pada narkoba, ” tegas Sulaiman Abda, Wakil Ketua DPRA, di Ruang Sidang Utama DPRA, Selasa (6/11).

Dalam sambutannya, Wakil Ketua DPRA itu mengingatkan tentang ketentuan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2013 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, bahwa Kepala Pemerintah Aceh melakukan fasilitasi pencegahan narkotika di Aceh yang salah satunya menyusun qanun untuk antisipasi dini, pencsgahan, penangganan dan rehabilitasi.

Sulaiman Abda mengingatkan bahwa dengan berkembangnya zaman dan besarnya pengaruh dsri glibalisasi maka kita harus lebih mawas diri terhadap berbagai pengaruh narkoba.

“Sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba bukan hanya pada generasi muda saja, namun juga semua lapisan usia, karena sudah merata di seluruh strata sosial masyarakat,” kata Sulaiman Abda.

Menurut Sulaiman Abda semua pihak bahkan seluruh lapisan masyarakat mempunyai tanggungjawab dan kewajiban menjaga dan membina seluruh masyarakat khususnya generasi muda agar tidak terlibat perkara narkoba.

“Oleh karenanya seluruh stake holder harus terpanggil turut serta dalam upaya mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika, ” sebutnya.

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) dalam rapat paripurna khusus mengesahkan 17 judul Rancangan Qanun (Raqan) yang masuk prioritas Program Legislasi (Prolega) tahun 2018. Salah satunya adalah raqan pencegahan penyalahgunaan narkotika.