China Buka Kran Impor, Plt Gubernur Ajak Pelaku Usaha Aceh Tingkatkan Kualitas Produk

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah mengajak pelaku usaha untuk memanfaatkan perubahan kebijakan impor yang kini diterapkan oleh Pemerintah Tiongkok dengan meningkatkan kualitas produk yang layak ekspor di pasar global.

Ajakan tersebut disampaikan oleh Gubernur Aceh dalam Forum Export – Import Indonesia China yang diadakan diselenggarakan secara paralel dengan China International Import Expo 2018 (CIIE) di Shanghai, Tiongkok pada Selasa (6/8).

“Ini adalah satu momentum yang sangat besar dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pengusaha kita di Aceh, mengingat sumber daya alam dan produk buatan Indonesia sangat diminati oleh pasar Tiongkok,” kata Nova.

Gubernur didampingi oleh sejumlah pengusaha Aceh turut menyatakan bahwa kondisi ekonomi Tiongkok yang sangat stabil merupakan peluang yang baik bagi pelaku usaha Aceh untuk melakukan penetrasi pasar melalui Tiongkok dan global.

“Ini adalah kesempatan emas bagi Aceh mengingat lokasinya strategis berada pada jalur program inisiatif One Belt One Road yang dicacangkan oleh Presiden Xi Jinping sejak 2013,” ujarnya.

Forum dihadiri oleh ratusan pengusaha Tiongkok dari berbagai sektor serta para perwakilan pemerintah kedua negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan selaku Keynote speaker pada acara tersebut menjelaskan potensi dan kondisi ekonomi Indonesia di depan ratusan pengusaha China dalam Forum Ekspor di Shanghai, China.