Diskominsa Aceh Barat Susun Daftar Informasi Publik

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominsa) Kabupaten Aceh Barat penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) di Aula Kantor Bupati Aceh Barat, Rabu (7/11/2018).

Kadis Komunikasi dan Informasi Kabupaten Aceh Barat, Rusnani, dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu mengatakan, proses penyusunan DIP dilaksanakan melalui serangkaian kegiatan, yang diawali dengan pemberdayaan Forum Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Selanjutnya, dilakukan workshop penyusunan DIP serta Focus Group Discussion (FGD) yang diikuti oleh Tim Pertimbangan PPID dan pihak lembaga terkait.

“Kegiatan penyusunan DIP menjadi penting untuk melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) di Aceh Barat” kata Rusnani.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 7–9 November 2018 ini diikuti 54 peserta dari berbagai unsur SKPK dan Kecamatan di lingkup Kabupaten Aceh Barat. Selanjutnya akan dilakukan pembinaan secara berkelanjutan terkait dengan keterbukaan informasi publik.

Selain itu, Rusnaini juga menyampaikan, kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Aceh, Tim Pengabdian Universitas Teuku Umar serta pendamping dari Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA).

“Pemerintah Aceh Barat terus berupaya secara maksimal dalam pelaksanaan UU KIP melalui pemenuhan layanan informasi publik kepada masyarakat,” katanya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber empat orang, yakni aktivis MaTA, Amel, Ketua Komisi Informasi Aceh Dr. Afrizal Tjoetra. Selanjutnya Asriani M.Si dari Dinas Komunikasi, Informasi, dan Persandian Aceh serta tenaga ahli PPID Utama Aceh Zainuddin T M. Si.[]

Editor : Ihan Nurdin