Diterima di Citilink, Putroe Sambino: “Ini hadiah untuk mama…”

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Darwati A Gani tidak mampu menutupi kebahagiaan, hatinya. Pasalnya, anaknya Putroe Sambinoe Meutuah diterima dalam seleksi calon pilot oleh PT Citilink Indonesia.

“Alhamdulillah, ya Allah. Semoga Putroe yang mengikuti jejak ayahnya sebagai pilot berguna untuk memperkuat industri penerbangan Indonesia, ” kata Darwati kepada aceHTrend, Kamis (8/11).

Darwati mengaku hari-harinya penuh dihiasi doa kepada Putroe yang pernah dinobatkan sebagai pilot terbaik diangkatan sekolahnya, Bandung Pilot Academy Pilot (BPA). Di sekolah ini pula ayahnya Irwandi Yusuf pernah menempuh pendidikan pilot, tahun 2014.

Putroe sendiri diwisuda pada 27 Juli 2018. Usai itu dirinya langsung mengikuti seleksi di PT Citilink Indonesia, dan tanggal 7 November 2018 ia dinyatakan diterima pada posisi Ab-initio Pilot di PT Citilink Indonesia.

“Saya senang, soalnya udah setahun juga nganggur, lulus November 2017, wisudanya baru Juli 2018, jadi udah sempat nganggur setahun,” kata Putroe kepada aceHTrend melalui sambungan telepon.

Putroe Sambino mengaku kelulusannya di Citilink dipersembahkan kepada orangtua. Kelulusan ini juga sebagai bentuk tanggungjawab kepada papa dan mamanya yang telah membiayai sekolahnya.

“Papa senang, tadi ketemu karena ada jadwal besuk, dari dulu Papa asal ketemu pasti tanyain, gimana citilink nya. Jadi, Papa senang banget Putroe diterima di Citilink, ” kata Putroe.

Putroe juga mengaku kelulusannya sebagai hadiah untuk mama. “Ini juga hadiah untuk mama. Mama tadi karena di Aceh langsung telepon untuk ucapin selamat, ” kata Putroe.

Putroe Sambinoe Meutuah yang mengaku sudah memiliki cita-cita menjadi pilot sejak kecil adalah salah seorang yang diterima dari total 750 pelamar. “Habis ini training dulu tiga bulan karena akan bawa pesawat besar jenis A320,” kata Putroe.

Tahun 2018 maskapai Garuda dan Citilink merekrut 132 pilot pemula yang baru lulus dari sekolah penerbangan atau ab initio pada tahun ini. Dari 132 pilot baru tersebut, Garuda menambah 72 pilot dan Citilink menambah 60 pilot. []