Walhi Apresiasi Komitmen DPR Aceh Tolak PT EMM

Direktur Walhi Aceh M Nur. @aceHTrend/Taufan Mustafa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Aceh yang sejak awal berkonsentrasi menolak izin eksplorasi PT EMM di Nagan Raya, mengapresiasi sikap DPR Aceh yang menolak PT EMM dan merekomendasikan Pemerintah Aceh untuk mengevaluasi seluruh izin tambang di Aceh.

“Kami aspresiasi DPRA atas kebijakannya untuk menampung aspirasi warga Aceh Tengah dan Nagan Raya sebagai bentuk konkret DPRA merespons kasus PT EMM. Kami akan terus mengawal tindak lanjut bentuk aksi konkret tersebut,” kata Direktur Walhi Aceh, Muhammad Nur, kepada aceHTrend, Rabu (7/11/2018).

Ia menambahkan, apresiasi Walhi khususnya kepada Komisi II yang telah menyampaikan kondisi lapangan di forum terhormat melalui paripurna khusus tersebut.

Kebijakan yang telah diputuskan oleh DPR Aceh diminta untuk ditindaklanjuti oleh Plt Gubernur Aceh bersama dinas teknis dan kementerian agar segera membatalkan kebijakan yang sudah diterbitkan kepada pengusahaan PT Emas Mineral Murni (EMM).

Terkait masukan peserta sidang paripurna kusus DPRA untuk mengevaluasi seluruh konsensi tambang yang ada di Aceh, melalu tim yang akan dibentuk oleh Pemerintah Aceh, Walhi sangat mendukung dan siap membantu, serta akan memantau tim khusus tersebut apakah sesuai dengan yang direkomendasikan DPR Aceh.

“Kalau diminta tentu bisa kami dampingi secara resmi jika tidak diminta kami juga akan lakukan pemantauan kerja tim, masalahnya apa benar Plt gubernur akan bentuk tim atau masukan DPRA dianggap angin lalu. Ini akan akan menjadi dinamika baru dalam membangun komitmen plt untuk melakukan evaluasi menyeluruh,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin