Arif Fadillah Gelar Lomba Masak Kuah Beulangong

Arif Fadillah

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Arif Fadillah, akan menggelar perlombaan memasak kuah beulagong bagi masyarakat Kecamatan Jayabaru, Kota Banda Aceh.

Kegiatan perlombaan yang terbuka untuk umum tersebut direncanakan berlansung pada Minggu (11/11/2018), dan yang dipusatkan di lapangan bola kaki Gampong Emperom, Kecamatan Jayabaru Kota Banda Aceh.  

Arif Fadillah menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mempopulerkan masakan tradisional Aceh khususnya masakan kuah beulagong. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya dalam melestarikan masakan tradisional Aceh.

“Perlombaan ini akan diikuti oleh masyarakat perwakilan dari gampong-gampong yang berada dalam kawasan kecamatan Jayabaru. Para peserta lomba akan meracik masakan khas Aceh Rayek ini sesuai dengan keahliannya masing-masing.”

“Ini bentuk upaya kita bersama dalam melestarikan kearifan lokal masakan Aceh,” kata Arif Fadillah saat ditemui di ruang kerjanya, Banda Aceh, pada Kamis (08/11/18).

Arif menambahkan, jika di Padang Sumatera Utara, masakan khasnya dikenal dengan rendang maka di Aceh juga memiliki masakan khas yaitu Kuah Beulagong, menurutnya itu juga harus dipopulerkan kepada masyarakat luar Aceh.

Arif Fadillah mengajak masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar untuk berpartisipasi dan menyaksikan kegiatan menarik ini serta menikmati masakan kuah Beulagong secara bersama – sama

Sementara itu ketua Panitia penyelenggara lomba memasak  kuah Beulagong, Iskandar, menyampaikan kegiatan tersebut akan diikuti oleh sebelas Gampong yang dibagi kedalam lima kelompok peserta lomba.

“Bagi pemenang utama peserta akan memperoleh hadiah Rp 2 juta rupiah, Rp 1,5 bagi juara dua dan juara tiga Rp 1 juta. Selain melestarikan  masakan  tradisional, kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturrahmi antar sesama masyarakat Jayabaru,” kata pria yang juga tokoh pemudah Emperom itu.[]

Editor : Irwan Saputra