Lamteumen Barat Juarai Lomba Masak Kuah Beulangong se-Jaya Baru

Kelompok Gampong Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Banda Aceh @aceHTrend/Hendra Keumala.

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Gampong Lamteumen Barat Kecamatan Jaya Baru Kota Banda Aceh meraih juara satu Lomba Masak Kuah Beulagong yang diselenggarakan Ketua DPRK Banda Aceh, Arif Fadillah, di Lapangan Bola Kaki Emperom, Minggu (11/11/18).

Gampong Lamteumen Barat memperoleh skor 93 dari total sembilan gampong yang mengikuti lomba. Urutan kedua diperoleh Gampong Lamjame dengan skor 92 dan juara ketiga diperoleh Gampong Ulee Lueng dengan skor 91.

Selain itu juga ada juara harapan yang diperoleh masing-masing oleh Gampong Emperom, Rima Jeuneu, dan Lamtemen Timur sebagai harapan satu, harapan dua, dan harapan tiga.

Ketua Tuha Peut Lamteumen Barat, Didi, mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memberikan penilaian dan masukan terhadap masakan kelompoknya.

Pada kesempatan itu atas nama pribadi dan perwakilan gampong, Didi juga mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan perlombaan masak kuah beulangong tersebut.

Menurutnya dari sekian banyak perwakilan masyarakat yang ada di DPRK Banda Aceh belum ada yang membuat acara demikian terutama lomba memasak kuah beulangong ini.

“Terlepas dari Pak Arif akan ikut mencalonkan kembali menjadi dewan ini sebuah apresiasi bagi Arif Fadillah, kami dua kali mengikuti kegiatan ini, karena kuah beulangong ini merupakan ciri khas dari masyarakat Aceh Besar dan Banda Aceh yang perlu dilestarikan,” ujarnya.

Walaupun lomba tersebut hanya diikuti oleh sembilan desa ditambah dua desa dari Aceh Besar, Didi berharap ke depan diselenggarakan di tingkat provinsi. Begitu juga untuk perlengkapan disiapkan di tempat.

Sementara dewan juri dari kegiatan tersebut, Iskandar, menyampaikan penilaian dilakukan yaitu seperti kesiapan peserta, rasa, dan tekstur kematangan daging, menurutnya dalam perlombaan peserta dari masing-masing gampong sudah sangat luar biasa kompak.

Iskandar menjelaskan selama ini masakan kuah beulangong dan ayam tangkap menjadi tujuan utama wisata kuliner di Banda Aceh. Dengan adanya kegiatan perlombaan seperti ini diharapkan masakan kuah beulangong semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua DPRK Banda Aceh Arif Fadillah menyampaikan kepada panitia dan peserta yang telah menyukseskan acara tersebut. Menurut Arif kegiatan ini dilakukan dalam rangka mempopulerkan masakan tradisional Aceh khusnya kuah beulangong.

“Kegiatan ini sebagai upaya bersama dengan masyarakat untuk melestarikan masakan tradisional Aceh, khususnya masakan kuah beulangong serta mengampanyekan kepada masyarakat luar untuk meningkatkan daya tarik wisatawan asing ke Aceh khususnya Banda Aceh,” kata Arif Fadillah.[]

Editor : Ihan Nurdin