Peringatan Hari Toleransi Sedunia di Aceh Kampanyekan Harmonisasi Keberagaman

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Jaringan lembaga dan komunitas masyarakat sipil yang terhimpun dalam kepanitiaan bersama peringatan Hari Toleransi Internasional sedang mempersiapkan serangkaian kegiatan yang diselenggarapan pada 16-17 November 2018. Hari Toleransi Internasional diperingati setiap tanggal 16 November setiap tahunnya.

Koordinator acara, Norma Susanti, mengatakan kegiatan yang akan dilakukan di antaranya kampanye harmonisasi keberagaman di Aceh melalui lomba foto esai di media sosial. Pihaknya juga akan tampil dalam talkshow salah satu televisi dan radio yang mengangkat topik Memperkuat Persaudaraan dalam Keberagaman di Aceh.

Dengan mengampanyekan nilai-nilai toleransi melalui ruang diskusi diharapkan terciptanya pemahaman positif terhadap nilai dan sikap toleransi dalam memperkuat rasa kebangsaan.

“Intinya keberagaman harus menjadi kekuatan untuk membangun bangsa, bukan sebaliknya,” ujar Norma, Selasa (13/11/2018).

Pada 17 November, panitia juga akan menggelar dialog yang menghadirkan sejumlah narasumber dari Forum Pembauran Kebangsaan, akademisi, Kesbangpol, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Acara ini berlangsung dari pukul 09.00–12.00 WIB di Rumoh Budaya Banda Aceh di kawasan Simpang Lima Banda Aceh.

“Di lokasi kegiatan juga ada aksi donor darah yang melibatkan Unit Trasfusi Darah PMI Banda Aceh,” katanya.

Selain itu, akan ada pameran foto dari para peserta yang mengikuti lomba foto dengan tema Toleransi di Bumi Atjeh. Dari foto-foto tersebut terdapat cerita mengenai esensi keragaman di Aceh yang dituliskan oleh pemilik foto. Pada hari itu juga akan diumumkan para pemenang lomba foto yang terdiri atas juara 1–3 dan juara harapan 1–3.

Harapan diadakannya kegiatan ini supaya menguatnya sikap toleransi publik di Aceh terhadap keberagaman dan membangun kesadaran bersama untuk mengelola harmonisasi kebhinekaan dalam masyarakat Aceh.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK