Curhat Atlet Anggar Ulfa Hayati yang Minim Perhatian Pemerintah

Ulfa Hayati @ist

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Atlet anggar Aceh Barat Daya, Ulfa Hayati, mengaku perhatian pemerintah untuk dirinya sebagai salah satu atlet berprestasi masih minim. Padahal ia merupakan putri daerah dan telah berulang kali mengharumkan daerahnya melalui berbagai medali yang diperoleh.

“Belum ada perhatian dari Pemda, Bang. Padahal saya sering meraih medali, baik di ajang Kejurda maupun Kejurnas,” ungkap Ulfa Hayati kepada sejumlah wartawan di Blangpidie, Selasa (13/11/2018).

Gadis kelahiran Gampong Pante Pirak, Susoh, 8 Agustus 1998 itu mengaku, saat ini dirinya sedang kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh. Ia mulai menggeluti anggar sejak 2012 ketika masih di SMA.

Prestasinya di olahraga anggar, sudah pernah meraih medalis emas tingkat kadet Kejurnas Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) tahun 2013 dan meraih perunggu di Kejurnas Anggar 2018.

Ia juga satu-satunya atlet anggar Abdya yang ikut dalam Pra-PON di 2015 di Jawa Barat. Dalam ajang itu Ulfa berhasil memperoleh medali perunggu. Ulfa juga pernah meraih perak di Kejurnas PPLP.

Meskipun ragam prestasi sudah diberikan oleh Ulfa Hayati, tetapi seakan-akan pemerintah daerah menutup mata atas prestasi yang dicapainya.

“Saya ini asli Abdya Bang, lahir dan besar di Abdya. Tapi di saat saya bertarung di berbagai event, saya kayak bukan atlet dari kabupaten saya ini. Saya iri dengan atlet daerah lain, mereka senang karena didatangi oleh ketua pengcabnya, dikasih bonus, uang saku. Kalau saya tak pernah didatangi pun,” kenang Ulfa dengan nada sedih.

Dirinya berharap, Pemkab Abdya ke depannya serius memerhatikan atlet-atlet yang bertarung diberbagai event. Dengan adanya perhatian itu, para atket lebih semangat saat bertarung demi mengharumkan nama baik daerah Abdya di dunia olahraga, baik itu tingkat daerah maupun nasional.

“Saya berharap kalau bisa pemerintah memberikan perhatian kepada kami atlet-atlet. Dengan adanya perhatian itu, kami bertambah semangat,” ungkap Ulfa yang menargetkan bisa mengikuti PON di Papua.[]

Editor : Ihan Nurdin