Tiba di Kampung Halaman, Rasyidin Disambut Haru Keluarga

Rohaya Hanum bersama Rasyidin dan keluarganya (Foto: Dinsos Aceh)

ACEHTREND.COM, Bireuen – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh mengantarkan Rasyidin yang sebelumnya diketahui bernama Rusli ke rumah kakaknya Nuraini di Gampong Curee Tunong, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireun, Rabu (14/10/2018) malam. Tiba di kampung halaman, Rasyidin disambut haru oleh keluarga bersama puluhan warga setempat.

Sebelum ke rumah Nuraini, Rasyidin terlebih dahulu dibawa ke rumah Keuchik Gampong Peuneulet Tunong, kecamatan setempat, Tarmizi Abdullah, yang merupakan Gampong dari almarhum kedua orang tua Rasyidin.

Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM melalui Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Rohaya Hanum SE mengatakan, pemulangan dan pengurusan Rasyidin sejak dari dalam tahanan di Penang Malaysia hingga tiba di kampung halaman merupakan tugas dan bentuk kepedulian Pemerintah Aceh terhadap warga Aceh yang mengalami nasib kurang beruntung di negeri orang.

“Saya mewakili Kepala Dinas Sosial Aceh hadir kemari untuk mengantarkan Rasyidin ke keluarga,” kata Rohaya Hanum.

Di hadapan keluarga Rasyidin, Rohaya Hanum mengungkapkan kronologis bagaimana pihaknya mengupayakan pemulangan sejak dari pembebasan dari tahanan di Penang, Malaysia, hingga sampai ke kampung halaman.

Menurut Oya, begitu dia akrab disapa, setelah dipulangkan dari Malaysia, Rasyidin diinapkan di UPTD Rumoh Seujahtera Jroh Naguna Lampineng Banda Aceh, kemudian dirilis ke media hingga kemudian datang keluarganya untuk menemui Rasyidin.

“Setelah ditelusuri oleh keluarga dengan berbagai ciri fisik, maka diketahui bahwa benar Rasyidin adalah keluarga Mariani. Maka sudah tugas kami untuk mengantarkannya sampai kemari,” tutur Rohaya.

Nuraini mengaku sangat senang bisa kembali berjumpa dengan adiknya setelah terpisah sejak 27 lalu.

“Senang lah. Sudah sangat lama kami mencari, bahkan orang tua kami juga sudah tiada,” ujar Nuraini.

Nuraini mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh yang sudah bersedia mengantarkan adiknya hingga sampai ke kampung halaman.

“Terimakasih bapak-bapak dan ibu atas jasanya untuk adik kami,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Keuchik Peuneulet Tunong Tarmizi Abdullah.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh yang telah mau mengantarkan anak kami hingga ke mari,” katanya. []

KOMENTAR FACEBOOK