Tiga Prinsip Dasar Mitigasi Bencana yang Perlu Diketahui

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), H. Ahmad Dadek, pagi tadi memberikan pembekalan mengenai mitigasi bencana kepada personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantibmas) Polda Aceh dan Reform Leader Academy Angkatan XVII di Aula BPBA di Banda Aceh, Rabu (14/11/2018).

Pengurangan risiko bencana kata Ahmad Dadek memiliki tiga prinsip dasar, yaitu sadar ilmu, sadar gempa, dan sadar smong.

“Keselamatan dalam bencana sangat dipengaruhi dengan pengetahuan yang kita miliki tentang bencana. Sebagaimana pengetahuan masyarakat Simeulue terhadap tsunami atau smong yang pada 2004 telah menyelamatkan ribuan jiwa dari smong,” ujarnya.

Sementara prinsip sadar gempa, artinya tidak ada wilayah Aceh yang aman dari gempa. Karena itu masyarakat diminta untuk memperlakukan bangunan, isi bangunan, dan cara hidup serta perilaku yang ramah gempa.

“Terakhir prinsip sadar smong, yaitu bila terjadi gempa dan Anda berada di dekat laut segera evakuasi diri dengan cara menjauh dan mencari lokasi yang lebih tinggi tanpa perlu menunggu peringatan dini,” katanya.

Ahmad Dadek dalam kesempatan itu turut menjelaskan mengenai peran aktif lembaga dalam penanggulangan bencana termasuk instansi Polri, dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan BPBA seperti penyusunan Rencana Kontijensi Bencana dan simulasi bencana.

“Termasuk keterlibatan Polri pada Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana di Aceh yang surat keputusannya ditandatangani oleh Gubernur Aceh,” kata Ahmad Dadek.

Ke depan kata dia, koordinasi yang sudah terbina dengan baik itu bisa diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama terkait penanggulangan bencana di Aceh, termasuk di level kabupaten/kota.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK