Bankir Dunia Adnan Ganto Akan Isi Festival Ilmiah Ekonomi Islam (FIEL)

ACEHTREND. COM, Banda Aceh – Festival Ilmiah Ekonomi Islam (FIEL) kembali digelar. Ini adalah event terbesar dari Islamic Economic Students Assosiation (IESA) yang kali ini akan dilaksanakan pada 27-30 November 2018.

Menurut Akhyar Tarvi, seperti tahun sebelumnya, banyak rangkaian acara yang akan diselenggarakan. Rangkaian acara pertama pada FIEL kali ini ialah Seminar Nasional dengan pemateri yang sangat istimewa yaitu Bapak DR. (H.C) H. Adnan Ganto, MBA.

Adan Ganto adalah bankir dunia yang kini menjabat sebagai Penasehat Menteri Pertahanan RI bidang Ekonomi.

“Tak hanya beliau, juga hadir Rektor Universitas Syiah Kuala; Bapak Prof. Dr. Samsul Rizal, M. Eng., dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Syiah Kualah; Bapak Prof. Dr. Nasir Aziz, S.E., MBA,” kata Akhyar Tarvi.

Seminar yang mengangkat tema “Revolusi Industri 4.0, Kemana Arah Ekonomi Syariah?” ini akan dilaksanakan di Aula FEB Unsyiah. “Cukup dengan Rp35.000, peserta yang mendaftar akan mendapat ilmu yang bermanfaat, ditambah dengan snack, makan siang serta sertifikat SKPI,” kata De-Erista Mirati Putri.

Tak hanya sampai disitu, acara yang diketuai oleh Akhyar Tarvi ini pun akan dilaksanakan Workshop & Training yang akan dihadiri pemateri-pemateri hebat, seperti Raden Nanda Teguh; owner dari aplikasi SyarQ.

Seperti yang diketahui, aplikasi ini sukses dengan menghadirkan fasilitas cicilan syariah. Dengan SyarQ, kita bisa mencicil barang dari berbagai toko online tanpa kartu kredit. SyarQ berbeda dengan solusi cicilan yang berbasis bunga, SyarQ mengimplementasikan akad murabahah, suatu akad jual-beli yang sesuai dengan syariah.

Selain itu, Kepala Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan Pusat dan Kepala Sekolah Pasar Modal Syariah (IDX Aceh) juga akan melakukan Workshop & Training. “Bagi peserta yang mendaftar akan mendapat akun pasar modal syariah,” tambah Akhyar.

Tidak hanya dua rangkaian acara di atas, FIEL tahun ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, diantaranya Stand Up Comedy Akademisi, Video Contest, Acapella, Penulisan Opini serta Debat Revolusi Ekonomi. Perlombaan ini akan diadakan untuk tingkat SMA dan Mahasiswa.

Adanya EXPO juga akan menambah kemeriahan acara ini. EXPO akan dibuka selama empat hari berturut-turut mulai dari 27 November 2018 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Banyak stand dari para pengusaha muda yang akan memasarkan produknya di EXPO ini.

“FIEL kali ini akan ditutup dengan acara yang paling ditunggu-tunggu, yaitu Gathering Night & Talkshow yang akan dimeriahkan oleh Tasya Kamila, artis muda yang tak hanya berbakat di dalam dunia hiburan tetapi ia juga sangat mementingkan pendidikannya,” kata Akhyar.

Seperti yang kita ketahui, Tasya Kamila berhasil menempuh pendidikan S2 nya di Columbia University jurusan Public Administration dengan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan di talkshow ini, Tasya akan berbicara mengenai Ekonomi Kreatif dalam Kacamata Millenial.

Acara Gathering Night & Talkshow yang akan menandai penutupan dari Festival Ilmiah Ekonomi Islam ini akan dilaksanakan di ACC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala pada 30 November 2018 pukul 20.00 WIB.

“Untuk dapat hadir di acara ini, cukup dengan membeli tiket seharga Rp35.000 saja, dan diakhir acara akan adanya doorprizes menarik,” sebut De-Erista Mirati Putri.

Dengan adanya berbagai rangkaian acara ini diharapkan mampu membawa Ekonomi Islam dikenal secara menyeluruh dan dapat dijalankan oleh semua lapisan masyarakat di Indonesia umumnya ,tutup akhyar. []