Banda Aceh Raih Peringkat 1 Daerah Berintegritas Versi KPK

Data yang dilansir KPK di laman web lembaga anti rasuah tersebut. (Ist)

ACEHTREND.COM,Banda Aceh – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Survei Penilaian Integritas (SPI) sebagai salah satu upaya pencegahan yang dilakukan untuk mendorong kesadaran akan resiko korupsi. Banda Aceh nangkring di urutan pertama sebagai daerah peraih SPI.

Berdasarkan informasi yang dipublish di laman daring KPK https://www.kpk.go, Rabu (21/11/2018) survei tersebut dilakukan dengan cara memetakan resiko korupsi seperti suap/ gratifikasi dalam layanan, penggelembungan anggaran, nepotisme dalam perekrutan pegawai hingga rekayasa dalam pengadaan barang dan jasa. Penilaian ini juga dimaksudkan untuk melihat efektivitas sosialisasi korupsi, whisleblower system dan upaya anti korupsi lainnya.

Indeks Integritas Pemerintah (IIP) Daerah Berdasarkan Wilayah Indeks Penilaian Integritas 30 Pemerintah Daerah pada SPI 2017, Pemerintah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Badung mendapatkan nilai pertama dan kedua tertinggi kategori Pemerintah Daerah (Kota dan Kabupaten).

Terdapat perbedaan angka indeks integritas antara pemerintah daerah bagian barat, tengah dan timur, dengan kecenderungan yang lebih rendah untuk Indonesia bagian timur. Survei Penilaian Integritas ini menilai pengelolaan anggaran, kasus suap di lembaga, perlakukan terhadap pelapor tindak pidana korupsi dan pengelolaan SDM di lembaga tersebut.

Koresponden dalam survei ini meliputi pegawai (internal), pengguna layanan atau stakeholder(eksternal), ahli di bidang korupsi dan juga melihat hasil kepatuhan LHKPN dari lembaga tersebut atau laporan pengaduan masyarakat kepada KPK.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK