Anri dan Zaitun, Raja dan Ratu Baca STAIN Dirundeng 2018

ACEHTREND.COM, Meulaboh – Dua anak muda, yaitu Anri Hamzah dan Zaitun Afni terpilih sebagai juara pertama dalam ajang penobatan Pemilihan Raja dan Ratu Baca yang dibuat Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng, Melaboh.

Keduanya dinobatkan sebagai Raja dan Ratu Baca STAIN Teungku Dirundeng 2018 setelah mengungguli 10 finalis yang tampil pada grand final yang digelar di Aula STAIN Teungku Dirundeng pada Kamis, 22 November 2018. Adapun juara kedua diraih pasangan Fathur Rizki dan Ida Sartina sebagai juara kedua, serta pasangan Dimas Pramadana dan Rica Rahayu sebagai juara ketiga.

Kepala UPT Perpustakaan, Dian Ayuningtyas, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkan minat baca mahasiswa mahasiswi dan menumbuhkan budaya literasi di kalangan mahasiswa.

Lebih lanjut ia berharap nantinya para pemenang yang sekarang disebut para Duta Baca ini menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan juga dapat membantu menyosialisasikan kepada mahasiswa agar lebih sering ke pustaka.

“Mengingat Perpustakaan masih sepi dari intensitas pengunjung mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Raja dan Ratu Baca STAIN 2018 Irma Maulinda, mengatakan acara ini sebagai sebuah trobosan yang dilakasanakan oleh UPT Perpustakaan.

Dirinya berharap agar kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik atmosfir akademik di Kampus STAIN. Irma juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika yang terlibat dalam kelancaran kegiatan tersebut.

“Ini juga bertujuan untuk mengedukasi bahwa perpustakaan itu tidaklah membosankan,” ujar Irma.

Irma yang juga seorang Pustakawati ini berniat untuk menyelenggarakan kegiatan serupa di tahun berikutnya dengan format yang lebih baik lagi.

Ratu Baca STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh 2018 Zaitun Afni mengungkapkan rasa syukur atas terpilihnya ia sebagai Ratu Baca. Afni menjelaskan terpilihnya dirinya merupakan tanggung jawab besar untuk memajukan dan mebudayakan literasi di kalangan mahasiswa.

Afni yang juga Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab ini berharap dapat membantu UPT Perpustakaan untuk menjalankan berbagai program yang direncanakan.

“Seluruh peserta pemilihan Raja dan Ratu Baca akan bersama-sama mewujudkan STAIN berbudaya baca,” katanya melalui siaran pers yang diterima aceHTrend.com.[]

Editor : Ihan Nurdin