Tu Sop Nahkodai Himpunan Ulama Dayah Aceh

ACEHTREND.COM,Banda Aceh – Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb terpilih sebagai ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) periode 2018-2023. Terpilihnya calon Bupati Bireuen pada Pilkada 2017 itu dalam Musyawarah Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh ke III tahun 2018.

Dalam rilis yang diterima aceHTrend, Minggu (25/11/2018) dari lima calon yang ditetapkan presidium, Tu Sop terpilih setelah mengantongi dukungan 20 suara dari 25 suara yang terdiri dari 23 suara hak pengurus kabupaten/kota di Aceh, serta dua suara dari pengurus besar (PB) dan Litbang HUDA.

Dalam rilis teraebut juga disebutkan, sebelumnya, kelima calon yang ditetapkan presidium yaitu Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab, Tgk Hidayat Waly, Tgk H. Baihaqi Yahya, Tgk. H. Anwar Usman Kuta Krueng dan Tgk. H. Hasbi Albayuni.

“Menetapkan Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab sebagai ketua Tanfzih (pelaksana) terpilih Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) periode 2018-2023,“ ujar pimpinan presidium, Waled Rasyidiin Nura dari Pidie seusai berlangsungnya proses pemilihan, Minggu sore, (25/11).

Proses pemilihan ketua HUDA yang diikuti 300 peserta berlangsung dengan tertib dan aman. Dalam pembahasan tata tertib pemilihan, terdapat dua opsi untuk pemilihan ketua HUDA. Yaitu dipilih dengan jalan musyawarah, aklamasi atau voting. Karena banyak peserta Mubes menginginkan voting, maka proses pemilihan dilangsungkan dengan jalan voting.

Tu Sop Jeunieb setelah ditetapkan sebagai ketua terpilih mengucapkan selamat kepada seluruh utusan wilayah kabupaten/kota, yang telah memberi amanah dan kepercayaan kepadanya sehingga terpilih untuk mengembankan amanah kepemimpinan HUDA 2018-2023.

“Ini merupakan amanah yang diserahkan oleh para guru sepuh kepada jajaran pengurus tanfiziyah (pelaksana) yang harus kita laksanakan secara bersama. Karena semua kesuksesan dan keberhasilan HUDA tidak lepas dari kebersamaan dalam mengambil peran untuk kesuksesan kebijakan dan program-program HUDA,” kata pimpinan Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunib.

Editor: Muhajir Juli

Foto: Tu Sop (tengah) di sela-sela acara HUDA (ist)

KOMENTAR FACEBOOK