Waspadai Penipuan Melalui Akun Facebook yang Mencatut Nama Rektor Unimal

ilustrasi

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Akun palsu di media sosial Facebook yang mencatut nama Rektor Unimal Lhokseumawe, Apridar, digunakan oleh orang tak bertanggung jawab untuk meminta sejumlah uang kepada pengguna media sosial tersebut.

Salah satu alumnus Unimal, Rahmadi M Ali, yang kini berada di Jakarta hampir menjadi korban. Rahmadi mengatakan, awalnya ia menerima permintaan pertemanan atas nama akun tersebut di Facebook.

Begitu diterima, akun tersebut langsung mengirimkan pesan ingin menyelenggarakan acara santunan untuk anak yatim dan mengajak masyarakat untuk menyumbang.

“Saya curiga, biasanya Pak Rektor tak pernah meminta sumbangan. Kecurigaan saya semakin terbukti ketika saya ajak berbicara dalam bahasa Aceh dia masih menjawab dalam bahasa Indonesia,” ujar Rahmadi kepada aceHTrend, Senin (26/11/2018).

Hal senada juga disampaikan dosen Unimal, Ayi Jufridar. Modusnya meminta uang sebesar Rp5 juta untuk diberikan santunan pada anak yatim dalam waktu dekat ini.

Bahkan ditulis uang tersebut harap dikirimkan ke nomor rekening BCA 4870663248 atas nama Mely.

“Saya telepon langsung Prof. Apridar untuk mengabari hal itu. Awalnya saya mengira akun Facebook-nya diambil alih pihak lain, ternyata tidak. Akun itu dibuat yang baru dan mengajak pertemanan baru pula lalu minta uang,” kata Ayi.

Sementara itu, Plt Kepala Humas Unimal, Masriadi, meminta seluruh masyarakat agar mengabaikan akun tersebut dan tidak mengirimkan uang yang diminta berapa pun jumlahnya.

“Kami pastikan itu penipuan, jangan dilayani dan jangan dipercaya. Ada saja orang yang mau mengeruk keuntungan dengan cara haram,” ujar Masriadi.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK