SMK Negeri Taman Fajar Kembangkan Evaluasi Berbasis Digital

ACEHTREND.COM, Aceh Timur– Menghadapi era milenial di abad 21, hampir semua aktivitas dilakukan berbasis Informasi Teknologi (IT), tak terkecuali aktivitas di sekolah-sekolah. 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Taman Fajar merupakan salah satu sekolah vokasi yang dari awal pendiriannya, didesain menjadi sekolah yang berbasis pengembangan IT. Salah satunya, adalah program keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Penanggung jawab kegiatan USBK, Zulkarnaini S.Pd kepada AceHTrend menjelaskan, menghadapi ujian semester ganjil tahun ajaran 2018-2019, SMKN Taman Fajar akan melakukan proses ujian berbasis komputer (USBK). Sistem yang dikembangkan sama persis seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Aplikasi yang digunakan untuk pembuatan ujian online tersebut, tambah Zulkarnaini, yaitu CBT Smart yang sudah dimodifikasI.

“Proses ujian sama persis seperti pelaksanaan UNBK. Siswa menggunakan komputer atau laptop sebagai media dalam mengikuti ujian,” ungkap Zulkarnaini.

Untuk mengantisipasi kekurangan komputer, pihak sekolah tambahnya, membagi ujian dalam beberapa sesi.

Citra Hayati, S.Pd selaku waka kurikulum menyampaikan, proses ujian semester ganjil di SMKN Taman Fajar akan berlangsung mulai tanggal 3-14 Desember 2018. Dan diikuti sebanyak 528 siswa. 

Pelaksanaan USBK, memiliki kelebihan tersendiri, selain proses pelaksanaan yang sangat sederhana juga biaya ujian menjadi lebih kecil.

Sementara itu, Kepala SMKN Taman Fajar, Nurdin S Pd M A menjelaskan, beberapa tahun terakhir ini pihaknya terus mengembangkan IT di sekolah. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan pendidikan abad 21.

Disebutkan, pihak sekolah tidak hanya melaksanakan evaluasi berbasis komputer, tetapi juga proses pembelajaran sudah menggunakan sistem google clasroom.

“Proses belajar dan evaluasi di SMK memang harus berbasis IT. Karena siswa sering berada di industri. Untuk  Menyukseskan program pengembangan teknologi di SMKN Taman Fajar, kita terus melatih para guru dan melengkapi fasilitas yang dibutuhkan,” pungkas Nurdin.[]