Tiga Daerah Ini Pemberi Layanan Terbaik Pengurusan SKCK

ACEHTREND.COM, Jakarta – Sat Intel Res Kendari Polda Sulawesi Tenggara menduduki peringkat pertama hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Layanan Publik (Yanlik) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Baintelkam Polri tahun 2018. Hasil survei tersebut diluncurkan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Crowne Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2018).

Peringkat kedua diraih oleh Sat Intel Res Bojonegoro Polda Jawa Timur dan peringkat ketiga diperoleh Sat Intel Res Kolaka Utara Polda Sulawesi Tenggara.

Survey ini dilakukan oleh Pusat Studi Ilmu Kepolisian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, yang diketuai oleh Dr. M. Gausyah, MH.

Dr. Gausyah dalam laporannya mengatakan, kriteria SKM SKCK dinilai dari sembilan unsur, meliputi persyaratan pelayanan, prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya/tarif/biaya pelayanan, produk spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, maklumat pelayanan, dan penanganan pengaduan/saran/masukan.

“Unsur-unsur di atas kemudian dikelompokkan berdasarkan skala pengukuran SKM, yaitu hitam, merah, kuning, dan hijau,” kata Dr. Gausyah melalui keterangan tertulis yang diterima aceHTrend.

Untuk skala hitam, ditetapkan berdasarkan hasil penilaian dari angka 25,00-64,99, merah 65,00-76,60, kuning 76,61-88,30 dan hijau 88,31-100.

Secara khusus, untuk peringkat SKM layanan SKCK di bawah Polda Aceh peringkat 5 diperoleh Sat Intel Res Aceh Utara, peringkat 6 Sat Intel Res Bener Meriah, peringkat 30 Sat Intel Res Gayo Lues, dan peringkat 43 Sat Intel Res Aceh Tengah.

Dalam kesempatan itu, Kabaintelkam Polri Komjen Pol Lutfi Lubihanto mengucapkan selamat kepada Sat Intel Res yang mendapatkan peringkat terbaik.

“Semoga prestasi ini bisa terus dipertahankan dan yang belum baik agar ditingkatkan kembali pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk tahun 2019 Unsyiah kembali ditunjuk untuk melakukan SKM. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada tim SKM yang dinilai telak melaksanakan tugasnya dengan baik.

Acara ini dihadiri 131 perwakilan yang terdiri atas para Kasi Yanmin Polda dan 99 Kasa Intelkam yang telah dilaksanakan SKM di seluruh Indonesia.

Turut hadir Ketua Ombudsman RI, Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB, Rektor Unsyiah, PJU Baintelkam Polri.[]