Camat Trumon Gagas “Jembatan Emas” untuk Layani Masyarakat

Pihak Kecamatan Trumon turun langsung ke masyarakat untuk mengambil dokumen. @ist/Ihsan

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Camat Trumon, Filda Yulisbar mengatakan jauhnya antara Trumon dengan pusat ibu kota Aceh Selatan di Tapaktuan menjadi keluhan masyarakat yang ingin mengurus berbagai dokumen. Terutama yang berkaitan dengan dokumen kependudukan.

Karena itu, pihaknya menggagas program jemput langsung atau “jembatan emas” bersama Puskesmas Trumon. Dalam program ini, pihak kecamatan akan menjadi perantara bagi masyarakat dalam mengurus berbagai dokumen yang mereka butuhkan.

“Program yang disingkat dengan Jembatan Emas itu merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan (public service), yang mana program tersebut, nantinya akan membantu seluruh masyarakat Trumon untuk mempercepat pengurusan kepemilikan dokumen kependudukan, baik KK, KTP elektronik, dan akta kelahiran,” ungkap Yulisbar, Jumat (7/12/2018).

Yulisbar menyebutkan, dalam pengurusan dokumen ke ibu kota Aceh Selatan, masyarakat Trumon harus menempuh jarak 129 km, dan biaya yang dikeluarkan mereka juga tergolong tinggi.

“Jarak tempuhnya sangat jauh, waktu mereka banyak terbuang, apalagi masyarakat yang mayoritasnya sebagai petani, pekebunan dan nelayan, tentu waktu itu sangat berharga bagi mereka,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya program ini, masyarakat tidak lagi perlu bersusah payah pergi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk memperoleh dokumen kepedudukan, karena untuk keperluan pengurusan nantinya akan difasilitasi langsung oleh pihak kecamatan.

Dalam pelaksanaannya, kata Yulisbar, tim kecamatan yang bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Trumon akan turun ke gampong-gampong untuk menjemput berkas dari masyarkat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

“Setelah pemerikasannya lengkap, akan kita kirim ke Disdukcapil Tapaktuan melalui jasa PT. Pos Indonesia, dan setelah selesai kemudian akan dikirim kembali ke kecamatan untuk didistribusikan ke masyarakat,” sebutnya.

Yulisbar berharap, program ini memberikan kemudahan kepada masyarkat, sehingga kebutuhan kepemilikan dokumen kependudukan dapat terpenuhi dengan baik.

“Dengan adanya program ini semua masyarakat akan memiliki dokumen kependudukan sesuai yang diharapkan. Sehingga kebutuhan kepemilikan dokumen kependudukan di Kecamatan Trumon bisa kita tuntaskan,” kata Yulisbar.[]

Editor : Ihan Nurdin