Dayah Ulee Titi dan Pesantren Modern Az-Zahra Juara I Dayah Terbersih dan Sehat di Aceh

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Dinas Pendidikan Dayah Aceh memberikan penghargaan kepada sejumlah dayah dalam kategori bersih dan sehat se-Aceh. Penghargaan ini merupakan wujud dan komitmen Dinas Pendidikan Dayah Aceh untuk mengampanyekan kesadaran bagi santri akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan dayah.

Penyerahan hadiah bagi pemenang lomba dayah bersih dan sehat se-Provinsi Aceh untuk tahun 2018 kategori Dayah Salafiyah dan Dayah Terpadu berlangsung di Aula Lantai III Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Banda Aceh, Kamis (06/12/2018).

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El-Madny, saat penyerahan hadiah menyampaikan, sasaran utama lomba ini tidak hanya sekadar menyulap sebuah dayah menjadi bersih dan sehat.

“Ini juga sebagai program edukasi pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan Dayah sebagai bagian dari hidup yang berkualitas. Keteladanan ini juga harus dimulai dari pimpinan dayah. Perbuatan itu jauh lebih bermakna daripada seribu kata,” ujar Usamah El-Madny.

Dalam kesempatan itu, Usamah juga memberi ucapan selamat dan mengapresiasi kinerja dayah agar selalu menjadi contoh teladan bagi dayah lainnya. Ia berharap agar dayah tersebut terlihat bersih dan sehat tidak hanya untuk mengikuti perlombaan saja, namun harus selalu bersih sepanjang waktu.

Hal ini akan berefek kepada citra dayah, santri, dan citra pimpinan payah itu sendiri terhadap kondisi dayah yang selalu terlihat bersih.

“Ini akan menimbulkan image positif sekaligus pembuktian bagi dayah yang terkesan kumuh selama ini,” ujar Usamah El Madny.

Sementara itu, Rasmalina, selaku Kabid Manajemen Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Dayah Aceh dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya perlombaan tersebut untuk menjaga kebersihan dan kesehatan santri. Hal ini juga untuk meningkatkan pengetahuan santri agar senantiasa hidup sehat dalam mencapai kehidupan yang optimal.

“Ini diharapkan juga untuk memupuk kebiasan hidup bersih dan sehat di kalangan santri dayah. Selain itu juga para santri untuk giat dan berpartisipasi aktif di lingkungan dayah, rumah dan tempat publik lainnya dalam menjaga kebersihan,” ujar Rasmalina.

Adapun pemenang dayah bersih dan sehat kategori Dayah Salafiyah, yaitu:

Juara I: Dayah Ulee Titi, Kabupaten Aceh Besar pimpinan Tgk H Athaillah Ishak Al-Amiry, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp10.000.000.

Juara II: Dayah Darul Hijrah, Kota Sabang pimpinan Tgk Hasballah, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp7.000.000.

Juara III: YPI Darussa’adah Aceh, Kabupaten Aceh Utara pimpinan Tgk H Bukhari Muhammad, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp5.000.000.

Juara Harapan I: Dayah Darul Faizin, Kabupaten Pidie Jaya pimpinan Ustaz Mulyadi, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp3.500.000.

Juara Harapan II: Dayah Darurrahmah, Kabupaten Aceh Selatan pimpinan Tgk Ali Mukminin, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp3.000.000.

Juara Harapan III: Dayah Nidhamul Fata, Kota Banda Aceh pimpinan Tgk Mustafa, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp2.500.000.

Untuk Kategori Dayah Terpadu, yaitu:

Juara I: Pesantren Modern Az-Zahra, Kabupaten Bireuen pimpinan Ustaz Khairil, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp10.000.000.

Juara II: Dayah Jeumala Amal, Kabupaten Pidie Jaya pimpinan Tgk Hamdani AR, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp7.000.000.

Juara III: Dayah Al-Mujaddid, Kota Sabang pimpinan Tgk IrsaluIIah S.Thi, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp5.000.000.

Juara Harapan I: Dayah Jabal Nur Jadid, Kabupaten Aceh Utara pimpinan Tgk H.M Yunus Adami, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp3.500.000.

Juara Harapan II: Dayah Al-Munjiya, Kabupaten Aceh Selatan pimpinan Tgk Drs. H. Yon Malius, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp3.000.000.

Juara Harapan III: MUQ Bustanul Ulum Kota Langsa pimpinan Tgk Drs H.M Yunus Ibrahim, mendapatkan trophy dan uang pembinaan Rp2.500.000.[]

Editor : Ihan Nurdin