Haji Uma Pulangkan TKI Asal Aceh Utara Setelah 6 Bulan Ditahan di Malaysia

ACEHTREND.COM, Jakarta – Amirullah (27 tahun), warga asal Tanah Pasir, Aceh Utara yang 6 bulan terakhir ditahan di Malaysia akhirnya tiba di Aceh via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar, Kamis (6/12/2018) sore kemarin.

Adalah anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman alias Haji Uma bersama Ketua Group KANA di Malaysia yang membantu pengurusan pelepasan dari tahanan dan pemulanganya ke Aceh. Hal ini berawal dari permohonan bantuan untuk pelepasan Dicky Ramadhani, TKI asal Madat, Aceh Timur oleh pihak keluarga kepada Haji Uma.

Mendapat permohonan dari pihak keluarga Dicky, Haji Uma lantas berkoordinasi dengan Ketua Group KANA di Malaysia untuk melakukan pencarian. Dalam proses pencarian Dicky, Abu Saba menemukan Amirullah yang sudah enam bulan lebih berada di Penjara Bukit Jalil. Lalu Abu Saba mengirimkan identitasnya kepada Haji Uma yang ditindaklanjuti Haji Uma dengan menemui keluarga Amirullah di Aceh Utara.

Dari informasi yang diperoleh, setelah dilaporkan oleh Abu Saba, Haji Uma sempat pulang ke Aceh dari Jakarta untuk menemui keluarga Amirullah guna memberitahukan perihal terkait kondisi anggota keluarga mereka di Malaysia. Menurut Haji Uma, Ibunda Amirullah sudah hilang sekitar 6 bulan. Haji Uma mengaku miris dengan kondisi kondisi keluarga Amirullah.

Ibunda Amirullah adalah seorang janda dan sudah lanjut usia yang tinggal dengan kondisi rumah yang hampir roboh. Selain itu, ibunda Amirullah dalam kondisi sakit diabetes. Hal ini yang membuat Haji Uma langsung mengambil inisiatif membantu membiayai proses pemulangan Amirullah ke Aceh

“Alhamdulillah, kemaarin saya dapat informasi dari tim saya jika Amirullah telah tiba di Aceh via Bandara SIM kemarin sore, sekitar pukul 17.00 WIB. Selanjutnya akan diurus kepulangannya ke kediaman keluarga di Tanah Pasir, Aceh Utara”, ujar Haji Uma.

Pada tanggal 30 November lalu, Haji Uma yang dibantu Abu Saba juga berhasil memulangkan Musliadi, TKI asal Aceh yang juga ditahan di atas tuduhan pelanggaran dokumen izin imigrasi.

Sementara itu, dari berita sebelumnya, bahwa masih ada beberapa TKI asal Aceh lainnya yang ditahan di penjara Malaysia yang saat ini sedang dibantu pengurusan dan pemulangannya ke Aceh oleh Abu Saba dengan pembiayaan dari Haji Uma.[]