Sejumlah Wartawan Aceh Ikut Uji Kompetensi

@aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Sejumlah wartawan di Aceh yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kantor PWI Aceh di Banda Aceh, Kamis (07/12/2018).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh 29 peserta Muda dari berbagai media di Aceh. Sebelumnya peserta yang mendaftar sebanyak 33 peserta, tetapi empat di antaranya mengundurkan diri. Proses tes pengujian ini diuji oleh lima penguji dari PWI Pusat.

UKW tersebut diselenggarakan dalam rangka mendorong para wartawan dalam menjalankan tugas jurnalistiknya sesuai dengan kaidah yang ditetapkan oleh Dewan Pers dan melaksanakan fungsi pers yang sesuai aturan dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Komisi Pendidikan PWI Pusat, Rifa Rifana, menyampaikan lazimnya sebuah profesi harus ada standardisasi, maka standardisasi itulah yang dibentuk dalam pengujian UKW ini.

“Apa yang menjadi mata uji dalam UKW ini itulah yang harus diterapkan oleh seorang wartawan di lapangan,” kata Rifa Rifana pada saat penutupan UKW di Banda Aceh.

Dalam Uji kompetensi ini para wartawan diuji berkaitan dengan tugas sebagai seorang jurnalistik di antaranya penyusunan materi liputan, tatacara wawancara narasumber yang benar, jejaring, dan menulis berita yang baik dan benar.[]