Melalui Germas, Abdya Kampanyekan Pencegahan Stunting

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya menggelar kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan tema “Cegah Stunting di Kabupaten Abdya”.

Acara tersebut diikuti lebih kurang 150 peserta dan berlangsung di halaman Kantor Bupati Abdya di Blangpidie, Sabtu (8/12/2018).

Stunting adalah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun.

Kepala Dinkes Abdya, Safliati, dalam laporannya menyampaikan, tujuan diselenggarakannya Germas itu untuk menurunkan penyakit, beban risiko penyakit menular, serta menurunkan biaya finansial masyarakat.

“Kegiatan hari ini juga bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Aceh. Dana yang digunakan berasal dari DIPA pemberdayaan masyarakat tahun 2018,” katanya.

Sementara itu, Sekda Abdya, Thamrin, dalam sambutannya memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan Germas. Karena kata Sekda, kegiatan itu sesuai dengan visi misi Bupati Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati Muslizar untuk meningkatkan kesehatan di Kabupaten Aceh Barat Daya.

“Kami berpesan agar kurangi kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko kesehatan, seperti merokok dan meminum-minuman beralkohol. Kita harus bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan di Abdya agar terhindar dari segala jenis macam penyakit,” ujar Sekda.[]

Editor : Ihan Nurdin