Pemkab Abdya Gelar Bursa Inovasi Desa

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Kabupaten Aceh Barat Daya menggelar pameran Bursa Inovasi Desa di pendopo bupati baru di Blangpidie, Sabtu (8/12/2018).

Asisten I Bupati Abdya, Amrizal, mewakili Bupati Akmar Ibrahim mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa. Lewat Bursa Inovasi Desa ini memberikan banyak referensi dan inovasi pembangunan desa, serta revitalisasi peran pendamping dalam pembangunan potensi ekonomi lokal menuju daerah yang hebat.

“Semoga dengan adanya inovasi desa ini dapat dijadikan sebuah forum dalam penyebaran dan pertukaran inisiatif dan inovasi masyarakat yang berkembang dalam membangun desa masing-masing yang ada di Abdya,” ujarnya.

Amrizal mengatakan, penyaluran Dana Desa merupakan wujud pemerintah daerah dalam menjalankan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Sebab, katanya, penggunaan Dana Desa tersebut digunakan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Program inovasi desa ini merupakan salah satu upaya Kementerian Desa dalam pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi,” sebutnya.

Dengan adanya program inovasi desa ini, lanjut Amrizal, diharapkan mampu memicu pertukaran pengetahuan secara partisipatif, salah satunya sebagai bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan Dana Desa sebagai investasi untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap melalui pameran Bursa Inovasi Desa ini dapat menjembatani sumber daya lokal dengan pemanfaatan Dana Desa yang lebih efektif, sehingga lebih berkomitmen membangun desa. Tentunya dengan meningkatkan program yang lebih bermakna untuk membangun desa, masing-masing,” kata Amrizal.[]

Editor : Ihan Nurdin