Pemkab Abdya Panen Padi Varietas IPB-3S

@acehtrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya bersama dengan masyarakat Gampong Blang Raja, Kecamatan Babahrot melakukan panen raya padi penangkaran varietas IPB-3S tahun 2018, Sabtu (8/11/2018).

Bupati Aceh Barat Daya, Akmal Ibrahim melalui Sekretaris daerah (Sekda), Thamrin dalam sambutanya mengatakan, panen raya padi jenis IPB-3S merupakan kerja sama antara Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan pemerintah setempat dalam rangka pemberdayaan penangkaran padi IPB-3S.

“Kerja sama ini dalam hal penangkaran, maka diharapakan Kabupaten Abdya dapat menjadi daerah yang bisa bekerja sama dalam memproduksi jenis-jenis benih unggul yang dikeluarkan oleh IPB Bogor, maupun varietas unggul lainnya,” ungkapnya.

Sekda menyebutkan, pembangunan pertanian tanaman pangan mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilakukan secara berkelanjutan.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, sambung Sekda, tidak jarang dihadapkan dengan berbagai persolan klasik yang semakin kompleks, untuk itu diperlukan kesamaan persepsi, keterpaduan teknologi, dan sinkronisasi teknis kegiatan atau program dalam rangka pembangunan pertanian ke arah yang lebih baik.

“Stabilitas nasional itu sangat erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat, demikian juga masyarakat di Kabupaten Abdya. Maka pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan cara meningkatkan produksi hasil pertanian, terutama padi,” jelasnya.

Sekda mengatakan, potensi sumber daya sawah di Abdya mencapai 10.267 hektare, apabila sumber daya itu dikelola dengan baik, maka target pemerintah untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Abdya akan segera terwujud.

“Harapan kami kepada pihak IPB Bogor untuk bisa melanjutkan MoU penangkaran padi dan produksi benih ini, sehingga keinginan pemerintah Abdya terwujud untuk menjadi daerah mandiri benih. Kemudian kepada masyarakat tani di Abdya agar terus berpacu dalam usaha pertanian, ikuti petunjuk yang diberikan penyuluh lapangan serta jalin hubungan komunikasi yang baik dan segera memberikan laporan kepada petugas jika ada permasalahan dilapangan,” pesan Sekda.

Dalam panen padi penangkaran tersebut, ikut dihadiri oleh Ketua DPRK Abdya Zaman Akli, Dandim 0110/Abdya, Kadis Pertanian, Ketua MPU, Wakil Ketua dekan Pertanian IPB Bogor serta petani di wilayah Kecamatan Babahrot.[]

Editor : Ihan Nurdin