Jurnalis di Lhokseumawe Ikut Google News Initiative Training Network

@aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhokseumawe – Sebanyak 25 jurnalis dari berbagai media di Kota Lhokseumawe mengikuti “Google News Initiative Training Network” yang digelar Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe di Harun Square Hotel, Lhokseumawe pada Sabtu-Minggu (8-9/12/2018).

Peserta dilatih langsung oleh dua mentor, yaitu Hendra Makmur dan Hotli Simanjuntak sebagai Trainer Google News Initiative (GNI), didampingi Geri Dwira, staf AJI Lhokseumawe.

Pelatihan tersebut diisi berbagai materi tentang pengenalan berita hoaks, perbedaan mis dan dis-informasi, serta pengenalan perangkat di internet guna mengantisipasi dan mengetahui kebenaran berita yang beredar di dunia maya.

Hendra Makmur, pemateri yang juga Koorwil AJI Sumatera menjelaskan, jurnalis harus mulai mengantisipasi semakin maraknya penyebaran berita hoaks.

‚ÄúPelatihan ini digelar agar para jurnalis bisa memaksimalkan tools yang tersedia di internet untuk memperoleh data yang akurat. Ada banyak tools di internet yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak buruk hoaks yang tersebar di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, pelatihan itu juga mengenalkan sejumlah metode penelusuran data, dan melakukan pengamanan diri di dunia digital.

Sementara Hotli Simanjuntak menyebutkan, jurnalis harus lebih berhati-hati dalam menerima setiap informasi dan wajib melakukan verifikasi terlebih dulu.

“Ada banyak tools di internet yang bisa digunakan untuk mengurangi dampak buruk hoaks yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin