BPOM Adakan Penyuluhan Kepada 150 Warga Aceh Singkil

ACEHTREND.COM, SINGKIL — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Loka POM Aceh Selatan yang membawahi, Subulussalam, Aceh Singkil, menggelar penyuluhan dan penyebaran informasi tentang obat, obat tradisional, kosmetik, dan suplemen kesehatan.  

Kegiatan itu, kata Koordinator Penguji Loka POM Aceh Selatan, Indera Permana, dilaksanakan selama tiga hari. Dari Selasa, Rabu, dan Kamis (11-13/12/2018) di Aula Dinas Kesehatan Aceh Singkil.

“Peserta yang diundang tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK sebanyak 150 orang dari beberapa kecamatan yang ada di Aceh Singkil. Dilaksanakan secara bergelombang,” tutur Permana.

Permana menyebutkan, melalui penyuluhan ini diharapkan peserta dapat mengetahui tentang obat, obat tradisional, seluk beluk kosmetika, suplemen kesehatan, dan pangan.

Termasuk juga, pengelolaan pangan, bahaya penggunaan zat kimia dan cara pencegahannya.

Lebih utama lagi dari kegiatan ini, kata Indera Permana, peserta bisa menjadi konsumen yang cerdas dalam memilih obat, bahan kosmetik, dan makanan.

Kemudian peserta itu nanti, bisa menyebarkan informasi yang telah didapatkannya kepada warga lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Edi Widodo memberikan apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan penyuluhan ini.

Karena menurut Widodo ini sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang Badan POM, tugas, dan fungsinya.

Menyangkut dengan pencegahan zat kimia yang belakangan ini marak digunakan produsen dalam makanan dan minuman, Edi Widodo meminta untuk sama-sama mengawasinya.

Tugas ini, bukan hanya tugas pemerintah saja melainkan juga tugas produsen dan masyarakat.

“Mari kita bersinergi mengawasi penggunaan zat kimia pada makanan kita sehari-hari agar makanan terjamin mutu, rasa dan asupan gizinya,” harap Edi Widodo.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Pimpinan Daerah Persaudaraan Muslimah (Salimah) Aceh Singkil itu, menampilkan narasumber dr Rika Dewi R Putri dari RSUD Aceh Singkil dan Indera Permana dari Koord Pengujian Kantor BPOM Aceh Selatan.[]