Desa Lubok Pusaka Langkahan Kembali Terendam Banjir

Pemukiman penduduk di Kecamatan Langkahan terendam banjir.@istimewa

ACEHTREND.COM, Lhoksukon – Puluhan rumah warga dan sebuah pondok pesantren di sekitar Krueng Jambo Aye di Desa Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara terendam banjir sejak pagi tadi, Jumat (14/12/2018).

Ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter. Warga setempat mulai mengevakuasi barang-barang berharga dan mengungsi ke rumah keluarga di desa lain yang tidak terendam banjir.

Geuchik Leubok Pusaka, Jaharuddin, banjir tersebut diduga akibat hujan deras di daerah pegunungan di Kabupaten Bener Meriah yang berbatasan dengan desa mereka. Saat air sungai meluap akibatnya seluruh desa terendam banjir.

Dia mengatakan, masyarakat yang tinggal persis di pinggiran sungai sudah mengungsi ke rumah keluarga mereka di desa lain. Sebagiannya masih bertahan karena khawatir meninggalkan harta benda seperti hewan ternak dan lainnya.

“Saya khawatir banjir akan terus meluas jika hujan terus, kemungkinan debit air pun bertambah. Terkait kejadian ini sudah saya laporkan ke pihak kecamatan,” katanya.

Jaharuddin mengimbau warga agar selalu waspada bila debit air sungai bertambah. Untuk mengantisipasi, pihaknya sudah menyiagakan perahu untuk mengevakuasi warga.

“Saat ini kami terus bertahan, kita harapkan semoga hujan di kawasan hutan Bener Meriah berhenti dan air segera surut,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin