Meunasah Krueng Gampong Percontohan Syariat Islam di Aceh Besar

ACEHTREND.COM, Jantho – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar meluncurkan Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Ingin Jaya sebagai gampong percontohan dalam menjalankan praktik syariat Islam di Aceh Besar, Senin (17/12/2018).

Dalam program ini Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menetapkan sepuluh gampong percontohan, salah satunya Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Ingin Jaya.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dalam sambutanya menyampaikan, program ini untuk meningkatkan peran pemerintah gampong dalam menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Selama ini di Aceh Besar sudah banyak kegiatan-kegiatan dalam rangka untuk penegakan syariah dan juga untuk pengembangan syiar Islam, salah satunya tentang kewajiban bagi seluruh masyarakat Aceh Besar untuk menghentikan aktivitas ketika azan, sama-sama ke mesjid untuk salat berjamaah,” ujar Mawardi Ali dalam seremoni tersebut.

Selain itu juga sudah ada Peraturan Bupati terkait kewajiban setiap gampong agar ada pengajian bakda Magrib. Namun kata Mawardi, aturan tersebut belum sepenuhnya dilaksanakan.

“Sudah ada syariat Islam tapi masih juga ada pelanggaran-pelanggaran. Oleh karena itu, kita inginkan pelaksanaan syariat Islam bukan hanya kita hitung dari sisi hukuman cambuk tapi harus terimplemtasikan dalam bentuk rahmatallialamin,” kata Mawardi Ali.

Bagi gampong yang dinilai menjalankan syariat terbaik ini nantinya mendapatkan dana pembinaan sebagai gampong percontohan yang menjalankan syariat Islam secara kaffah. Bukan hanya mengenai cambuk, tetapi juga praktik salat berjamaah dan kebersihan toilet juga akan dinilai.

“Kemudian pendidikan agama ada, yang paling penting budi pekerti dan ahklah orang dalam gampong tersebut harus baik, mencerminkan akhlak yang baik,” ujarnya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK