Komisi A Sampaikan Laporan Raqan Ketertiban Umum

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Komisi A Dewan Perwakilan Kota (DPRK) Banda Aceh menyampaikan laporan akhir Rancangan Qanun (Raqan) Kota Banda Aceh 2018 terkait Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat. 

Laporan yang disampaikan anggota Komisi A Irwansyah tersebut berlangsung di Gedung Utama DPRK Banda Aceh pada Pukul 10.00 WIB, Jumat (21/12/2018).

Dalam laporan tersebut Irwansyah menyampaikan, Qanun ini mempunyai fungsi yang sangat strategis dan penting untuk mendorong dan memotivasi tumbuhnya budaya disiplin bagi masyarakat, guna mewujudkan tata kehidupan masyarakat kota yang sejahtera, maju, aman, sehat lahir batin yang dibangun berdasarkan kesadaran kolektif dan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat guna membangun masyarakat yang sadar hukum.

“Upaya ini untuk mencapai kondisi tertib sebagaimana jiwa dari qanun ini tidak semata-mata menjadi tugas dan tanggung jawab aparat pemerintah, tetapi menjadi tugas tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, baik perorangan maupun badan usaha untuk secara sadar dan proaktif ikut serta menumbuhkan dan memelihara ketertiban umum,” kata Irwansyah dalan rapat paripurna Dewan.

Irwansyah menambahkan, qanun ini mengatur banyak hal di antaranya untuk menertibkan pendirian bangunan pada ruang milik jalan, sempadan jalan, sempadan sungai, sempadan pantai ruang milik tandom, jalur hijau jalan,  sungai, taman, dan ruang terbuka hijau kota.

“Lahan fasilitas umum dari tempat usaha PKL, kegiatan-kegiatan usaha yang tidak memiliki izin wali kota, pembuangan limbah yang mengganggu penghuni sekitarnya,” ujarnya.

Dalam Qanun tersebut juga mengatur hal setiap orang untuk berperan serta dalam menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat, serta sanksi administratif bagi pihak pihak yang melakukan pelanggaran.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK