Besok, Bupati Aceh Utara Peringati Tsunami di Krueng Mane

Warga Tanoh Anoe larut dalam doa dan zikir bersama saat memperingati 13 tahun tsunami 2017. @aceHTrend/Mulyadi Pasee

ACEHTREND.COM, Lhoksukon –  Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib dikabarkan akan memperingati 14 tahun bencana gempa bumi dan tsunami di Krueng Mane, tepatnya di Gampong Tanoh Anoe, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu (26/12/2018).

Gampong Tanoh Anoe merupakan salah satu gampong di Aceh Utara yang terparah dihantam gelombang tsunami pada tahun 2004 silam. Korban meninggal dunia mencapai 273 jiwa dan 12 korban hingga kini belum ditemukan.

Ketua Panitia Peringatan Tsunami, Jamaluddin, mengatakan kegiatan mengenang terjadinya tsunami ke-14 itu dipusatkan di halaman Meunasah Gampong Tanoh Anoe.

Peringatan tragedi bencana besar  itu akan dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat di lima gampong yang terkena tsunami di tahun 2004 lalu.

“Hingga kini masyarakat masih sangat trauma, ada juga yang hingga saat ini mereka belum menemukan keluarganya,” kata Jamaluddin.

Agendanya adalah doa dan zikir bersama akan dipimpin  oleh Tgk Syarbaini dari Cot Trueng, sedangkan tausiah diisi Tgk Irwansyah Dewantara. Selain itu mereka juga akan menyatuni anak yatim piatu.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang dan berdoa akan para syuhada yang telah meninggalkan kita serta mari meningkatkan introspeksi diri untuk menuju pribadi yang bertakwa,” katanya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK