Kantong Tipis saat Libur? Anda Bisa Siasati dengan 5 Aktivitas Ini

ilustrasi memasak@unsplash/Kevin McCutcheon

Siapa sih yang tak antusias menyambut hari libur? Bagi mereka yang saban hari dibebat rutinitas menjemukan, hari libur menjadi angin segar untuk meregangkan kembali syaraf-syaraf dan otot yang tegang. Ibarat gawai, liburan adalah tindakan menambah daya agar Anda kembali segar saat menjalani aktivitas setelah masa libur berakhir.

Nah, bagaimana dengan liburan akhir tahun ini? Apakah Anda sudah mempunyai rencana untuk menghabiskan waktu libur nanti? Sebagian Anda mungkin sudah memiliki rencana ingin menjenguk orang tua di luar kota, mengunjungi sahabat atau keluarga, atau berlibur ke destinasi wisata tertentu di tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi.

Nah, bagaimana dengan Anda yang tidak punya rencana bepergian jauh, alias hanya menghabiskan waktu libur di rumah saja? Atau sedang mengalami keterbatasan finansial dan harus berhemat? Jangan khawatir, hari libur Anda tetap menyenangkan kok asalkan Anda bisa menyiasatinya. Yang terpenting bukanlah ke mana Anda pergi, tetapi bagaimana Anda menghabiskan waktu libur secara produktif sehingga bisa membangkitkan kembali gairah Anda untuk memulai aktivitas setelah itu.

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan:

1. Ngopi Bareng Sahabat

Ngopi atau bertemu para sahabat merupakan salah satu aktivitas positif yang menyenangkan. Bersama sahabat Anda tak hanya mengobrol sekadar untuk menghabiskan kopi pesanan, tetapi bisa membahas berbagai ide dan rencana baru yang ingin dicapai bersama. Tak ada salahnya menyusun rencana proyek yang akan digarap bersama. Selama itu membuat Anda bisa lebih produktif dan bertumbuh, mengapa tidak?

2. Membaca Buku Favorit

Selama ini Anda mungkin terlalu sibuk dengan rutinitas sehingga lupa menyisihkan waktu untuk melahap buku-buku favorit Anda. Manfaatkan waktu libur untuk kembali mengasupi otak dengan bacaan-bacaan segar dan berisi. Semakin banyak informasi yang Anda baca, akan membuat Anda semakin percaya diri dan siap menghadapi hari-hari berikutnya.

3. Memasak

Selama ini sering makan nasi warung? Hm, manfaatkan waktu libur untuk mengasah keterampilan Anda di dapur. Mengotori tangan dengan tepung atau rempah-rempah itu menyenangkan lo. Siapa tahu berawal dari aktivitas yang dilakukan di sela-sela waktu luang ini kelak bisa menjadi modal bagi Anda berwirausaha di bidang kuliner.

4. Berkebun

Sudah ada penelitian yang menyebutkan bahwa aktivitas berkebun erat kaitannya dengan perasaan bahagia seseorang. Aktivitas ini sering menjadi kendala bagi orang-orang kota yang sering mengeluh kekurangan lahan. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa memanfaatkan sekecil apa pun halaman rumah Anda dengan menanam beberapa jenis tanaman favorit. Misalnya cabai, tomat, sayur-sayuran, atau beberapa jenis bunga yang memiliki efek terapi seperti melati dan kenanga. Bayangkan bila setiap pagi saat Anda membuka pintu, aroma melati dan kenanga yang harum akan menyerbu indra penciuman Anda?

5. Menonton Film Favorit

Menonton film-film berkualitas akan memantik imajinasi dan kreativitas Anda. Bila Anda malas ke bioskop atau di kota Anda tidak ada bioskop, jangan khawatir, Anda bisa menonton melalui chanel Youtube. Banyak film-film keren yang bisa Anda pilih sesuai selera. Namun pastikan dulu kuota internet Anda cukup.

Nah, itulah lima aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menikmati hari libur di rumah. Selain itu juga tidak menguras bujet, apalagi bagi Anda yang sedang menabung untuk sebuah rencana besar. Penting juga selalu menanamkan sikap positif dan optimis di dalam diri, karena yang terpenting bukan ke mana Anda pergi, tetapi bagaimana Anda mengisi waktu agar produktif.[]