Polda Aceh Dalami Kasus Pengedit Video Ma’Ruf Amin Berkostum Sinterklas

Kabid Humas Polda Aceh AKBP Ary Apriono @aceHTrend/Hendra Keumala

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Kepolisian Daerah (Polda) Aceh sedang menangani dan mendalami kasus dugaan pengedit video Ma’Ruf Amin berkostum Sinterklas.

Kabid Humas Polda Aceh AKBP Ary Apriono menyampaikan, sebelumnya petugas telah mengamankan seseorang yang diduga telah melakukan tindakan pidana hoaks atau ujaran kebencian yang melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Perkembangan yang sekarang tersangka telah kita amankan. Saat ini menjalani proses pemeriksaan oleh pihak penyidik dan proses pendalaman itu sementara yang bisa kita lakukan,” kata Ary pada saat konferensi pers di Mapolda Aceh, Jumat (28/12/2018).

Penyidik Dinsus sedang mendalami apa motif yang bersangkutan melakukan tindakan tersebut.

“Pertama sekali video tersebut didapatkan dari laporan tim Saber Polda Aceh. Dari laporan informasi tersebut menemukan di akun Youtube, kemudian melakukan pengembangan dan melacak keberadaan tersangka melalui handphone,” jelasnya.

Ary menambahkan, dalam kasus tersebut diduga juga ada keterlibatan pihak lain, yang diduga sebagai pembuat video tersebut. Ia mengimbau orang tersebut segera menyerahkan diri.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria berinisial S (31), warga Meunasah Rayeuk, Kecamatan Nisam, Aceh Utara ditangkap atas dugaan mengedit dan mengunggah video Kiai Ma’ruf Amin yang berkostum mirip Sinterklas (Santa Klaus) di chanel Youtube. S ditangkap di salah satu dayah di Kecamatan Muara Batu, Rabu sore (26/12/2018).[]

Editor : Ihan Nurdin