Warga di Aceh Selatan Kembali Geger dengan Kemunculan Harimau

Ilustrasi @sinarharapan.net

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Warga Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan kembali digegerkan dengan munculnya gerombolan harimau sumatera di pemukiman warga.

“Jumlahnya empat ekor dan keempatnya itu kembali dilihat oleh warga sekitar.  Meskipun sejauh ini masih jinak, tapi tetap saja meresahkan masyarakat,” ungkap Camat Kluet Timur, Moeriadi, kepada aceHTrend, Sabtu (29/12/2018).

Akibatnya masyarakat setempat tidak berani lagi untuk pergi ke kebun maupun beraktivitas di malam hari

Sebelumnya lanjut Moeriadi, keberadaan dua pasang harimau tersebut pernah meresahkan masyarakat pada akhir November 2018 lalu. Namun, setelah beberapa pekan kemudian, keberadaan harimau dimaksud berhasil dihalau kembali ke dalam hutan belantara.

Setelah pihak Muspika Kluet Timur bersama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Selatan mendatangkan secara khusus pawang harimau dari Kabupaten Aceh Barat. 

“Anehnya, setelah situasi aman, beberapa pekan kemudian masyarakat kembali diresahkan atas kemunculan harimau terssbut,” paparnya.

Menurutnya, harimau yang kembali muncul di pemukiman penduduk,   sejauh ini masih dalam keadaan jinak. Hingga kini, belum ada laporan terjadinya jatuh korban jiwa termasuk belum ada ternak milik warga yang dimangsanya.

“Persoalan ini telah kita laporkan kepada pihak BKSDA Aceh Selatan di Tapaktuan. Diharapkan, persoalan itu segera dicarikan solusi konkret sehingga tidak sampai mengganggu roda perekonomian masyarakat setempat dalam jangka waktu lama,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Resort BKSDA Aceh Selatan, Wirli, membenarkan adanya harimau yang kembali muncul di pemukiman penduduk Kluet Timur. Namun ia tidak bisa memastikan jumlahnya.

“Jumlahnya belum bisa kita perkirakan, karena yang terlihat hanya jejak-jejak harimau. Kita pastikan jejak-jejak ini persis sama dengan jejak harimau yang terlihat di pegunungan kecamatan setempat pada akhir November lalu,” katanya.

Kepastian jejak itu kata Wirli, setelah Tim BKSDA Aceh Selatan mengukur jejak harimau di belakang sebuah gedung sekolah tepatnya di kaki pegunungan salah satu gampong di Kluet Timur.

“Kita telah menerima laporan dan langsung turun ke lokasi untuk mengukur jejak yang terlihat oleh warga. Setelah kita bandingkan dengan jejak di yang sebelumnya sama persis,” kata Wirli.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK