Ramai Dikunjungi Warga, Pantai Ujong Serangga Diharapkan Lebih Bersih

@aceHTrend/Masrian Mizani

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Destinasi wisata Ujong Serangga yang terletak tidak jauh dari Pantai Jilbab Kecamatan Susoh, Kabupten Aceh Barat Daya, sekilas tampak indah dan sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati sore hari di lokasi itu.

Apalagi, pemandangan laut lepas dan puluhan kapal nelayan serta berbagai macam kuliner menjadi pelengkap bagi pengunjung sambil menikmati embusan angin sepoi-sepoi serta indahnya sunset. Tidak jarang suasana tersebut dimamanfaatkan oleh pengunjung untuk diabadikan dengan menggunakan berbagai macam jenis kamera.

Untuk lokasinya, destinasi wisata ini terletak tidak jauh dari jalan nasional Meulaboh-Tapaktuan. Bagi pengunjung yang ingin mendatanginya, hanya cukup menanyakan di mana lokasi Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Susoh, sebab destinasi wisata Ujong Serangga hanya berjarak puluhan meter dengan lokasi PPI.

Di lokasi wisata ini, selain disuguhkan dengan berbagai jajanan dan aneka ragam minuman, pengunjung yang membawa anak-anak juga diberikan ruang dengan berbagai permainan anak, mulai dari mobil-mobilan dan wahana permainan anak lainnya.

Selain itu, destinasi wisata yang terbuat dari break water itu juga dimanfaatkan oleh komunitas-komunitas pemancing. Bahkan, para pengunjung pun disuguhkan dengan pemandangan atraksi para pemancing di saat pancing mereka disambar ikan. Yang lebih menariknya lagi, para pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk ke lokasi tersebut, sebab segala bentuk jajanan dan minuman sangat bersahabat dengan isi dompet pengunjung.

Namun demikian, keelokan destinasi wisata ini memiliki sisi lain yang mungkin luput dari pihak Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Abdya. Pasalnya, di bibir pantai dan sekitar lokasi PPI dipenuhi dengan sampah yang bertaburan. Kondisi ini sering menjadi keluhan bagi pengunjung saat bertandang ke lokasi itu disore harinya.

“Lokasinya sangat bagus, pemandangannya juga sangat indah, apalagi susana di sore harinya itu sangat sejuk. Namun, sampahnya ini yang tidak mengasyikkan,” ungkap Reza, salah seorang pengunjung, Selasa (1/1/2018).

Reza menyebutkan, dirinya hampir setiap hari mendatangi lokasi itu bersama istri dan dua anaknya. Baginya, lokasi wisata Ujong Serangga ini sangat cocok baginya untuk melepaskan penat karena seharian bekerja di salah satu toko di Blangpidie.

“Seminggu kadang empat kali ke sini bersama keluarga, tempat ini sangat cocok bagi saya untuk melepaskan karena lelah bekerja di toko, yang pastinya tidak perlu biaya mahal, yang penting keluarga bisa senang,” ulasnya.

Ia menyarankan, keelokan objek wisata ini harus diberdayakan oleh pemerintah daerah setempat, sebab setiap harinya ratusan masyarakat Aceh Barat Daya mendatangi lokasi itu untuk menikmati indahnya alam Abdya.

“Kalau tidak diberdayakan kan sayang kita, apalagi di sini juga terjadinya putaran ekonomi, baik penjual ikan, pedagang jajanan dan para penyedia wahana permainan anak. Saya menyarankan, agar di lokasi ini disediakan tong sampah atau ada petugas dan plang imbauan untuk jangan membuang sampah sembarangan, sehingga lokasi ini bisa terawat dengan baik dan bisa dinikmati oleh semua orang,” pinta Reza.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK