Santri Taman Ramadan Berwisata Religi ke Singkil

Foto rombongan wisata religi saat di Masjid Tuo Pulo Kambing bersama Umarsyah (Juru kunci Masjid Tuo Pulo Kambing).@aceHTrend/Yelli Sustarina

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Ketua Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Aceh Selatan, Hj. Jasnimar Jakfar, mengajak santri Taman Ramadan untuk berwisata religi ke Kota Subulusalam dan Aceh Singkil. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari pada 2-3 Januari 2019.

Tujuan wisata ini mengunjungi makam para ulama Aceh yang ada di dua daerah tersebut, yaitu makam Hamzah Fansuri yang ada di Subulussalam dan makam Syeikh Abdurauf As-Singkily di Aceh Singkil. Selain itu rombongan yang terdiri atas santri, ustaz, dan ustazah Taman Ramadan, serta rombongan dari Dekranas Aceh Selatan sebelumnya juga mengunjungi masjid tertua di Aceh Selatan di Desa Pulo Kambing, Kluet Utara.

Program wisata religi merupakan salah satu program syiar agama Islam yang dilaksanakan oleh PKK Aceh Selatan.

“Ini merupakan terobosan baru dari kami dengan melibatkan santri Taman Ramadan yang ada di Gampong Air Sialang Samadua. Kita perlu melakukan wisata religi untuk mengenalkan tentang bagaimana ulama kita menyebarkan agama Islam,” ujar Hj. Jasnimar Jakfar.

Sementara itu, Koordinator Taman Ramadan, Yosa Afrizal, mengatakan selama ini santri hanya mendapatkan pengetahuan keislaman saat kegiatan Taman Ramadan yang dilakukan setiap bulan Ramadan. Kegiatan ini sudah ada sejak tahun 1980-an.

“Dengan adanya wisata religi ini dapat memotivasi anak-anak di Air Sialang untuk mengikuti kegiatan Taman Ramadhan pada saat bulan Ramadan mendatang,” kata Yosa.

Para santri yang ikut dalam kegiatan ini nantinya juga dimintai tulisan dan foto selama perjalanannya. Karya terbaik akan diberikan hadiah dan dimasukkan ke surat kabar agar bisa dibaca oleh teman-teman, guru, dan orang tua mereka.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK