TPA Darul Falah Gelar MUSQi II se-Banda Aceh

Musabaqah santri qurani (MusQi) merupakan sebuah acara akbar yang diselenggarakan oleh TPA Darul Falah Gampong Pineung, Banda Aceh, setiap dua tahun sekali. MusQi lahir pertama sekali pada tahun 2016 yang diketuai oleh Ustadz Ghufran Akbar sebagai Ketua Panitia dan Ustadzah Nazariah sebagai Wakil Ketua, dan ust Zikri hariadi, s.hi sebagai pencetus sekaligus pimpinan pada masa itu.

Acara ini bertujuan untuk memperkuat syiar agama Islam terutama di kalangan usia dini dan pemuda, meningkatkan silaturrahim antar TPA se-kota Banda Aceh, memajukan TPA Darul Falah khususnya Gampong Pineung. Serta sebagai sarana untuk mencari bakat dan talenta sehingga mampu meneruskan perjuangan Islam di masa yang akan datang.

Pada tahun 2018, melalui tekad yang sama MusQi II kembali hadir dengan dipimpin oleh Ustadz Abu Rizal Agam sebagai Ketua Panitia dan Ustadz Irhas Rizqy sebagai wakil ketua, dan di bawah pimpinan TPA ust ghufran Akbar, panitia beserta seluruh ustadz dan ustadzah yang rela seayun bahu seiring langkah demi menegakkan syiar Islam serta pencarian bakat dan minat pemuda-pemudi generasi Qurani di Kota Banda Aceh.

Jumlah perlombaan pada MusQi II kali ini sebanyak 15 cabang dengan kategori usia TKA, TPA, TQA, dan dewasa. Sementara, untuk jumlah peserta yang telah terdaftar saat ini adalah 28 TPA yang tersebar di Kota Banda Aceh.

Acara MusQi II in sya Allah akan diselenggarakan pada 10-13 Januari 2019 yang bertempat di pekarangan TPA Darul Falah Gp Pineung dan akan langsung dibuka oleh Camat Syiah Kuala Kota Banda Aceh serta didukung oleh segenap masyarakat khususnya perangkat pemerintahan maupun keagamaan di Gp Pineung.

Selain acara perlombaan, juga dipersembahkan acara akbar lainnya seperti tasyakur sekaligus wisuda santri TPA Darul Falah bagi yang sudah menamatkan program yang ada di TPA dengan tujuan untuk memotivasi para santri agar tetap berpegang teguh pada nilai-nilai qurani.

Ditulis oleh Hidayat, pengurus Himpunan Mahasiswa Bireuen (Himabir).

KOMENTAR FACEBOOK