Selama 2018, TBM RUMAN Aceh Pinjamkan 12.630 Bacaan Gratis

Aktivitas MIBARA di Lapangan Blang Padang Banda Aceh @istimewa

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Selama tahun 2018, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh telah meminjamkan 12.630 bahan bacaan gratis kepada beragam lapisan masyarakat di delapan kabupaten/kota di Aceh.

Pendiri sekaligus Pembina TBM RUMAN Aceh, Ahmad Arif mengatakan, buku bacaan gratis tersebut disebarkan melalui dua program utama, yaitu wisata buku gratis Minggu Baca Rame-rame (Mibara) dan Rumah Pustaka.

“Alhamdulillah, kita merasa bahagia bisa menghadirkan beragam bacaan secara gratis bagi masyarakat Aceh. Terima kasih kepada relawan dan donatur serta semua yang telah bersama dalam khidmah sederhana ini,” ujar Arif, Jumat (4/1/2019).

Ketua TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami Chaniago menuturkan bahwa MIBARA digelar setiap hari Minggu di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh sejak 18 Mei 2014 lalu. Hingga tanggal 30/12/2018 lalu, MIBARA telah digelar sebanyak 174 kali.

“Sepanjang tahun 2018 kemarin, sebanyak 9.813 bahan bacaan dipinjamkan dengan cuma-cuma alias gratisan oleh 2.835 pengunjung dari seputaran Kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” kata Fadil.

Bila dibandingkan dengan jumlah bacaan yang dipinjam sepanjang tahun 2017 kata Fadil, terjadi penurunan hampir 10 persen. Yaitu, dari 10.430 bacaan menjadi 9.813 bacaan dan dari 3.039 peminjam menjadi 2.835 peminjam.

Ia mengatakan ada dua faktor penyebabnya. Pertama, car free day (CFD) atau hari bebas dari kendaraan yang menjadi agenda rutin Pemko Banda Aceh digelar setiap hari Minggu. Kedua, bertambahnya pegiat literasi yang melakukan hal serupa MIBARA.

“Bila sebelumnya Lapangan Blang Padang menjadi pusat kegiatan masyarakat di akhir pekan. Kini sudah ada di beberapa titik. Namun, kita juga bersyukur, sebab beberapa sahabat juga melakukan hal seperti MIBARA,” kata Fadil.

Rumah Pustaka

Sementara program Rumah Pustaka menyediakan bacaan gratis bagi daerah yang berjauhan dari basecamp RUMAN Aceh di Gampong Punge Blang Cut, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.

Selama tahun 2018, TBM RUMAN Aceh telah membuka 10 titik rumah pustaka yang tersebar di Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Aceh Besar, dan Banda Aceh.

“Di delapan kabupaten/kota tersebut, bersama para relawan di daerah masing-masing, kita telah meminjamkan 2.817 bacaan. Sebagian besar bacaan itu untuk anak-anak usia Sekolah Dasar, sedangkan sebagian kecil lagi buat konsumsi dewasa dan orang tua. Alhamdulillah, semoga menghadirkan manfaat dan barakah buat semua,” kata Fadil.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK