Minum Obat Selain dengan Air Putih, Amankah?

Ilustrasi @shutterstock

Banyak orang tidak bisa menelan obat baik dalam bentuk pil, kapsul, dan puyer dengan mudah. Hal itu menyebabkan banyak orang coba mengonsumsinya bersama pisang atau dengan minuman yang memiliki rasa seperti teh, jus kemasan atau susu.

Kebiasaan ini sudah lama dilakukan oleh banyak orang terutama pada mereka yang tidak tahan dengan rasa pahit dari obat. Dengan menggunakan minuman yang memiliki rasa tadi diharap rasa pahit obat bisa hilang.

Mengganti air putih dengan minuman berperasa ini sudah jamak terjadi terutama pada anak kecil yang masih belajar minum obat. Namun tahukah kamu bahwa sesungguhnya mengganti air putih dengan minuman berperasa terutama jus buat dapat memiliki risiko kesehatan?

Dilansir dari indiatimes.com, sebuah penelitian menyebut bahwa jika kamu minum obat dengan jus jeruk akan menimbulkan efek samping tak terduga seperti pendarahan di sistem pencernaan.

“Saat tingginya kandungan asam di dalam jus jeruk bertemu dengan bahan kimia dari obat seperti aspirin atau obat anti inflamasi lainnya maka membuat usus dan lambung kamu mengeluarkan gas berlebih. Dan jika hal ini berlangsung lama, maka akan terjadi pendarahan di dalamnya,” urai penelitian ini.

Mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan dari berbagai kandungan dari minuman berperasa ini, maka sebaiknya hindarkan minum obat dengan minuman berperasa. Pastikan selalu mengonsumsi obat ini dengan air putih.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika minum obat selain jenis minuman ini adalah membaca petunjuk dan cara minum obat yang tepat.[]

Sumber : Merdeka

KOMENTAR FACEBOOK