Halau Harimau, Pawang Senior Turun Tangan

Prosesi penangkalan kehadiran harimau di Kluet Timur (Masrian Mizani/aceHTrend)

ACEHTREND.COM, Tapaktuan- Atas sejumlah gangguan yang dilakukan oleh harimau di Kecamatan Kluet Timur, Pemerintah Aceh Selatan melalui Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bekerjasama dengan TNI dan Polri, akhirnya menurunkan Sarwani Sabi (70) ke lokasi.

Turunnya pawang senior asal Aceh Barat itu, menurut Camat Kluet Timur Moeriadi, Minggu (6/1/2019) sebagai bentuk tindaklanjut karena harimau yang saban hari turun ke permukiman warga.

Pada aksi perdananya, lelaki gaek itu bersama sejumlah pihak, telah berhasil menghalau harimau liar yang mencoba masuk ke wilayah yang ditempati oleh warga. Pengusiran itu dilakukan di beberapa titik yang selama ini kerap disambangi oleh satwa dilindungi itu.

“Bentuk kegiatan pengusiran adalah doa bersama yang kami gelar sejak Jumat hingga malam harinya. Alhamdulillah untuk sementara berhasil,” ujarnya, seraya mengatakan bahwa seusai prosesi pengusiran itu, sang pawang kembali ke Meulaboh, Aceh Barat. Harimau pun tak tampak lagi, untuk sementara.

Sebelum Sarwani turun tangan, setiap malam warga selalu melihat empat ekor harimau yang berkeliaran di kawasan itu. Walaupun sampai saat ini binatang itu tidak mengganggu warga, tapi masyarakat setempat resah dan ketakutan. Harimau-harimau itu benar-benar telah meneror rasa nyaman warga.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK