HIPMAS Gelar Lomba Bercerita dan Menulis Wisata Religi

ACEHTREND.COM, Tapaktuan – Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Air Sialang (Hipmas) Aceh Selatan mengadakan lomba bercerita dan menulis untuk santri Taman Ramadan yang ikut kegiatan wisata religi pada 2-3 Januari 2019. Lomba tersebut diadakan seusai melakukan wisata religi ke Kota Subulusalam dan Aceh Singkil.

Para santri Taman Ramadan menunjukkan karya dan penampilannya dengan menulis dan menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti wisata religi. Beberapa orang tua terlihat ikut menyaksikan penampilan dari anak-anak mereka. Lomba tersebut berlangsung di Masjid At-Taqwa Air Sialang, Samadua, Aceh Selatan, Jumat malam (4/1/2019).

Dari sekian banyak santri yang mengikuti lomba menulis dan bercerita, hanya lima terbaik yang dipilih dari masing-masing kategori. Untuk terbaik pertama kategori menulis dimenangkan oleh Icha Apriliana yang saat ini duduk dibangku kelas V SDN 3 Aceh Selatan. Sedangkan terbaik satu untuk lomba bercerita dimenangkan oleh Annisa Saqqura yang saat ini duduk di kelas VI MIN 10 Aceh Selatan.

Selain itu. terdapat sejumlah hadiah menarik lainnya bagi para peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari ustaz-ustazah pendamping. Pertanyaan tersebut berkaitan dengan sejarah  tempat wisata yang dikunjungi seperti Masjid Tua Pulo Kambing, Makam Syeikh Hamzah Al-Fansuri, dan Makam Syeikh Abdurrauf As-Singkily.

Hadiah juga diberikan kepada santriwan dan santriwati terbaik yang menurut ustaz dan ustazah pendamping, pantas dijadikan contoh bagi santri yang lainnya. Mereka adalah Humaira dan Alkausar yang selama perjalanan bersikap santun dan mempunyai sikap kepedulian yang tinggi kepada teman-temannya.

Tujuan wisata religi untuk memperkenalkan para ulama dan tempat sejarah penyebaran Islam di bagian barat selatan Aceh dapat dimengerti dengan baik oleh para santri ini. Hal ini terlihat dari pemahaman dan catatan mereka selama perjalanan dapat merangkum tentang penjelasan dari juru kunci tempat wisata religi yang mereka kunjungi.[]

KOMENTAR FACEBOOK