Melepas Gerah di Pemandian Putroe Aloeh Abdya

Pengunjung sedang menikmati kesejukan air destinasi wisata pemandian Putro Aloeh, Abdya. @aceHTrend/Masrian Mizan


ACEHTREND.COM, Blangpidie – Destinasi wisata pemandian Putroe Aloeh yang terletak di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Daya (Abdya) memiliki daya tersendiri. Pasalnya, pemandian yang juga sering disebut Pucoek Krueng ini, memiliki kesejukan air nan alami.

Selain itu, di tempat pemandian yang memiliki panorama khas pegunungan tersebut, juga dipenuhi bebatuan besar yang berjejer di sepanjang alur. Sehingga, tidak jarang bagi pengunjung menghabiskan waktu libur sambil mengabadikan momen indah di tempat itu.

Destinasi wisata yang satu ini, gemar diminati oleh berbagai kalangan, baik tua, muda, mahasiswa, maupun pelajar yang datang berduyun-duyun menghabiskan waktu di sore harinya.

Selain memiliki air jernih yang dialiri langsung dari pegunungan, lokasi wisata Putro Aloeh juga dikelilingi oleh pohon-pohon pala besar milik pekebun gampong setempat. Sehingga, kondisi alam di lokasi itu bertambah sejuk karena kerimbunan dahan-dahan pala tersebut.

Bagi pengunjung, tidak perlu repot-repot menyiapkan berbagai bekal dari rumah, sebab, di lokasi itu, juga disediakan berbagai macam jajanan dan minuman yang disediakan oleh pemilik-pemilik kantin yang berjejeran di samping lokasi pemandian.

Kemudian, lokasi yang tidak jauh dari jalan nasional Meulaboh – Blangpidie itu, juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk melangsungkan kegiatan-kegiatan keilmuan, baik itu diskusi, budaya literasi, dan lain sebagainya. Biasanya, kegiatan-kegiatan seperti itu sering digunakan oleh lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Meskipun belum sepenuhnya terjamah oleh tangan pemerintah daerah, destinasi wisata Putroe Aloeh setiap harinya terus diserbu oleh pengunjung, apalagi di saat hari-hari libur. Sehingga, pemilik-pemilik kantin di lokasi itu dapat mendongkrak perekonomian mereka dari setiap pengunjung yang bertandang ke pemandian Putroe Aloeh.

Selain dekat dengan pemukiman warga, bagi pengunjung juga dibuat ringan dengan harga jajanan di lokasi itu, intinya sesuai dengan isi kantong para pengunjung. Selain itu, jajanan berupa mi Aceh dan berbagai macam jenis jus dan makanan lainnya, cukup bersahabat dengan lidah. Artinya, tidak sia-sia bagi pengunjung untuk menikmati sore hari di lokasi itu.

Meskipun terletak hampir dekat dengan kaki gunung, destinasi wisata Putroe Aloeh tidak dipungut biaya sepeserpun bagi pengunjung yang ingin mendatanginya. Hanya saja, bagi pengunjung tetap harus mengedepankan tata krama dan etika sesuai dengan norma-norma syariat Islam yang ada di Aceh demi untuk kenyamanan bersama.

Anda penasaran dengan keindahan dan kesejukan air sungai sestinasi wisata pemandian Putroe Aloeh ? Yuk berkunjung ke Abdya.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK