Harga TBS Kelapa Sawit di Abdya Mulai Membaik

@aceHTrend/Masrian Mizani


ACEHTREND.COM, Blangpidie – Harga jual Tanda Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mulai membaik. Menurut petani, ini adalah angin segar, setelah beberapa waktu harga komoditi unggulan itu babak belur.

Salah seorang petani sawit Abdya, Muazam kepada aceHTrend, Kamis (10/1/2019) mengutarakan, harga jual TBS saat ini sudah mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan harga sebelumnya. Dulu, katanya, harga jual kelapa sawit di Kabupaten setempat yang ditampung oleh penguasaha pabrik kelapa sawit Nagan Raya berkisar antara Rp 700 hingga Rp 1.020 per kilogram. 

“Alhamdulillah, sekarang harga TBS kelapa sawit sudah naik Rp 1.060 per kilogramnya. Tentu kenaikan ini secara perlahan-lahan mulai dari level terendah,” ungkap Muazam.

Ia menyebutkan, kenaikan harga TBS di daerah Abdya mulai terjadi sejak minggu pertama Desember  2018. Harga komoditas eksport itu mengalami kenaikan dari Rp 1.020 per kilogram menjadi Rp 1.040/kilogram. Kemudian, sambungnya, memasuki tahun baru 2019, harga TBS kembali naik menjadi Rp 1.060 per kilogram.

“Saya berharap harga komoditi ini terus naik, agar para petani sawit menjadi sejahtera,”ujarnya.

Walau harga sudah naik secara bertahap, akan tetapi produktifitas sawit di kebunnya yang berada di kawasan Teluk Surin Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, mengalami penurunan. Sebelumnya, produksi mencapai 12 ton/hari, kini turun menjadi 8 hinngga 10 ton per harinya.   

“Harga naik, tapi kebun mulai memasuki masa trek, di mana terjadinya penurunan produksi. Tapi kami tetap bersyukur,” imbuh Muazam.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK