Pemda Abdya Berharap Pelabuhan Teluk Surin Pusat KEK Barsela

Pelabuhan Teluk Surin. Sumber foto: ANTARA

ACEHTREND.COM, Blangpidie-Wakil Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengatakan, program pembanguanan Pelabuhan Teluk Surin yang berada di Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee, memiliki potensi besar untuk pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Barat Selatan Aceh. Sebab, letak geografisnya persis di tengah-tengah delapan Kabupaten/Kota Provinsi Aceh.

Selain memiliki kolam labuh tempat kapal bersandar seluas sekitar 50 hektar, di kawasan tersebut juga terdapat lahan khusus untuk kawasan pengembangan industri seluas 500 hektar yang lokasinya berdekatan dengan pelabuhan.

“Teluk Surin ini letaknya bukan di laut, akan tetapi di daratan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi, kapal-kapal besar yang akan bersandar di pelabuhan ini aman, karena bukan berlabuh di samudera lepas,” ungkap Muslizar saat ditanyai persoalan pembagunan Pelabuhan Teluk Surin, Kamis (10/1/2019).

Muslizar menjelaskan, selain memiliki lahan industri yang sangat luas, pengembangan KEK Barat Selatan sangat cocok ditempatkan di Teluk Surin Abdya, karena sudah dilengkapi sarana dan prasarana pendukung lainnya seperti pembangunan infrastruktur jalan.   

“Jadi, infrastruktur jalan lingkar yang lebarnya seluas 30 meter yang dimulai dari Teluk Surin hingga tembus ke sejumlah kawasan, sudah dibangun oleh Pemda Abdya, sehingga akses menuju pelabuhan dari Kota Blangpidie juga sangat dekat,” ujarnya.

Kemudian, katanya, penghasilan yang paling banyak bisa juga dilihat dari komoditi ekspor dari Kabupaten Nagan Raya dan Abdya. Harapannya, Pemerintah Aceh memiliki komitmen terhadap pembangunan KEK Barat Selatan Aceh.

Bila pembangunan Pelabuahan Teluk Surin sesuai dengan harapan, ia meyakini delapan kabupaten/kota di Provinsi Aceh yang berdekatan dengan Abdya yang meliputi Kabupaten Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil, Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya, Gayo Lues dan Aceh Tenggara akan mampu meningkatkan pembangunan KEK Barat Selatan Aceh. 

Apalagi, sebut Muslizar, Kabupaten Aceh Tenggara dan Gayo Lues yang berada di Dataran Tinggi Aceh, sangat berdekatan dengan Kabupaten Abdya, ditambah lagi akses jalan provinsi dari Kecamatan Babahrot-Terangun semakin lancar.

Muslizar berharap, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah kiranya menjadikan Teluk Surin tersebut sebagai pusat KEK Barat-Selatan Aceh. Apalagi program pembangunan pelabuhan tersebut telah terdaftar dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

“Kami berharap Pak Gubernur Aceh memiliki komitmen kuat membangun KEK Barat Selatan di Teluk Surin ini. Selain telah memiliki infrastruktur pendukung, keberadaannya juga cukup strategis di tengah-tengah delapan kabupaten/kota Provinsi,” harapnya.

Editor: Muhajir Juli

KOMENTAR FACEBOOK