Amil Baitul Mal Aceh Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani (tengah) didampingi Kepala Sekretariat, Muhammad Iswanto (kiri), menyerahkan bantuan melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) yang diterima oleh Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek di ruang kerjanya, Selasa (08/12/2019).

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Keluarga besar Baitul Mal Aceh (BMA) menyerahkan bantuan untuk korban tsunami Selat Sunda dan Lampung sebesar Rp12 juta. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Zamzami Abdulrani melalui Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Selasa (08/12/2019).

“Bantuan ini bukan bersumber dari dana zakat, tetapi dikumpulkan dari personal amil Baitul Mal Aceh sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan terhadap korban gempa tsunami Selat Sunda dan Lampung,” kata Zamzami melalui siaran pers yang diterima aceHTrend, Jumat (11/1/2019).

Zamzami menjelaskan, biasanya bila terjadi bencana alam dananya langsung diambil dari senif gharimin, tetapi karena tsunami Selat Sunda terjadi menjelang akhir tahun, sedangkan dana tersebut sudah disalurkan. Sebagai bentuk kepedulian, amil menyumbang dari penghasilan pribadi mereka.

“Hampir semua amil ikut menyumbang, termasuk staf dan sekuriti, dan alhamdulillah hingga Selasa, 8 Januari 2019 sudah terkumpul sebesar Rp12 juta, langsung kami antarkan ke BPBA sebagai posko resmi Pemerintah Aceh,” jelas Zamzami.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Baitul Mal Aceh, Muhammad Iswanto yang juga mendampingi Plt Kepala Baitul Mal Aceh saat penyerahan mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial Baitul Mal untuk sesama muslim.

“Hari ini kita membantu mereka, bisa jadi hari yang lain orang lain yang akan menolong kita. Kita tidak pernah tahu kapan musibah itu datang, maka solidaritas itu tetap kita kedepankan,” kata Muhammad Iswanto.

Ia menambahkan, Baitul Mal Aceh rutin membantu korban bencana, baik bencana alam maupun bencana kemanusiaan. Tidak hanya bencana yang terjadi di Aceh saja, di luar Aceh pun ikut dibantu seperti bencana kemanusiaan Rohingya, gempa Palu dan Donggala, dan beberapa bencana besar lainnya.

Sumbangan dari amil tersebut diterima langsung Kalak BPBA, HT Ahmad Dadek di ruang kerjanya. Ia mengucapkan terima kasih kepada amil Baitul Mal Aceh yang ikut membantu korban tsunami Selat Sunda di Banten dan Lampung.

Bantuan yang telah terkumpul menurutnya hampir mencapai Rp200 juta. Ia menargetkan bisa mencapai Rp1 miliar, maka pihaknya terus menggalang bantuan-bantuan dari siapa pun.

“Insyaallah, jika sudah banyak yang terkumpul nanti akan diantarkan langsung ke lokasi bencana oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah,” kata Dadek.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK