TBM RUMAN Aceh Terima Donasi 2.963 Bacaan Selama 2018

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lembaga Pendidikan Rumah Baca Aneuk Nanggroe (RUMAN) Aceh menerima donasi 2.963 bahan bacaan dari dalam dan luar Aceh selama tahun 2018.

“Sepanjang tahun 2018 lalu kita menerima sumbangan bacaan sebanyak 2.963. Terdiri atas 2.734 buku dan 229 majalah dari dalam dan luar Aceh. Alhamdulillah, terima kasih kepada para penyumbang di mana pun berada,” ujar Kepala TBM RUMAN Aceh, Fadillah Islami Chaniago, melalui siaran pers, Jumat (11/1/2019).

Sumbangan tersebut kata Fadil, mereka terima melalui empat cara. Pertama, diantarkan ke lokasi wisata buku gratis MIBARA (Minggu Baca Rame-rame) yang digelar setiap Minggu pagi di Lapangan Blang Padang.

Kedua, diantarkan langsung oleh penyumbang ke basecamp TBM RUMAN Aceh. Ketiga, dikirimkan melalui layanan free cargo literacy (gratis kirim buku) yang disediakan pemerintah setiap tanggal 17 setiap bulan sejak Mei 2017 lalu via PT. Pos Indonesia.

“Keempat, penyumbang mengirimkan dana ke rekening RUMAN Aceh. Lalu, tim kita membelikan bahan bacaan dari donasi tersebut. Toko Buku Pustaka Paramitha memberi kita diskon hingga 15 persen setiap belanja,” imbuh Fadil.

Sementara itu, Pendiri sekaligus Pembina TBM RUMAN Aceh Arif menuturkan, pihaknya berusaha melakukan ta’mimul manfa’ah (memaksimalkan pemanfaatan) sumbangan bahan bacaan tersebut dengan melaksanakan beberapa kegiatan rutin.

“Bersama para relawan, kita menebar manfaat buku dan majalah yang disumbangkan tersebut ke berbagai daerah. Tujuannya tentu untuk membuka pintu akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat kepada bahan bacaan berkualiatas secara gratis,” tutur Arif.

Kegiatan rutin itu adalah MIBARA. Sepanjang tahun 2018, dari total 12.630 bacaan yang dipinjamkan ke masyarakat, 9.813 di antaranya dipinjam oleh 2.835 pengunjung MIBARA.

Selain itu juga ada program Rumah Pustaka yang dibuka sepanjang tahun 2018 dan tersebar pada 10 titik di delapan daerah kabupaten/kota se-Aceh, yaitu Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Singkil, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Aceh Besar, dan Banda Aceh.

“Sebanyak 2.817 bacaan kita sebar ke delapan daerah tersebut secara gratis untuk dibaca oleh anak-anak usia Sekolah Dasar. Terima kasih kepada para relawan yang telah meluangkan waktu mereka membersamai anak-anak membaca,” ujar Arif.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK