Lemue Ayu, Kenangan Terakhir Nova Bersama Prof Djemaat Manan

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah: "Beliau sosok yang luar biasa.... (Foto Plt Gubernur Aceh dengan Prof Djemaat Manan)

ACEHTREND.COM, Banda Aceh – Suara lembu di Balai Inseminasi Buatan (IB) dan UPTD Inkubator Kesehatan Peternakan (IKP) di Aceh Besar saling bersahutan ketika Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dan rombongan mendekati kandang tempat ratusan lembu dipelihara.

Sebelum melewati lorong-lorong kandang lembu, seseorang menghampiri Nova. Dia adalah Prof. Dr. drh. Djemaat Manan MS.

Dari gelarnya saja, rombongan sudah bisa menduga bahwa sosok yang menghampiri Plt Gubernur Aceh itu adalah tokoh kunci dalam urusan peternakan di Aceh.

Nova Iriansyah berdialog dengan Prof Djemaat Manan. Nova: “Beliau sosok ilmuan yang belum ada bandingnya.”

“Apa kabar prof, sehat ya,” sapa Nova Iriansyah seraya menjulur salam, Selasa (1/1) sore.

“Ini cocok sekali, kehadiran Bapak disambut kelahiran lembu,” kata Prof Djemaat Manan,” dengan suara rendah sambil menatap mata Nova Iriansyah.

Keduanya, bersama rombongan yang juga disertai Taqwallah, Asisten II Setda Aceh, lalu berjalan meninjau keadaan lembu, hingga tiba ke lokasi tempat anak lembu yang baru lahir.

“Lemue Ayu aja,” kata Nova setelah mengetahui bawa sapi yang baru lahir berjenis kelamin betina.

Lemue Ayu lahir dari ibu sapi berjenis Fries Holland, yang merupakan sapi penghasil susu paling utama di dunia. Sapi ini mempunyai produktivitas yang sangat baik. Warna kulitnya hitam putih dengan batas jelas, ujung ekornya putih.

Dialog kecilpun terjadi antara Nova dan Prof Djamaat Manan. Rombongan lainnya menyimak diantara suara dan tingkah lembu. Si bayi sapi, Lemue Ayu sesekali terlihat bergerak, seakan gembira telah mendapat sebuah nama, Lemue Ayu, yang langsung dilekatkan oleh Plt Gubernur Aceh.

Kunjungan Nova Iriansyah ke Balai Inseminasi Buatan (IB) dan UPTD Inkubator Kesehatan Peternakan (IKP) di Aceh Besar adalah lawatan terakhir dari kunjungan kerja akhir tahun 2018. Ditemani para Biker IMBI Aceh, Nova bersama motor mengunjungi Aceh Jaya, Nagan Raya, Aceh Tengah, Gayo Lues, Bireuen dan terakhir Aceh Besar.

Pada saat itu, kepada pers Nova menyampaikan kabar gembira bahwa fasilitas peternakan yang berada di Saree ini akan segera keluar izin Badan Layanan Umum Daerah.

“Dengan begitu, fasilitas ini bisa mandiri, dan menyumbang PAA untuk Rakyat Aceh. Hari ini juga ditandai dengan lahirnya satu sapi, Leumo Ayu, jam 3 tadi, dan kita optimislah dengan kerja kawan-kawan SKPA Peternakan, dan ke depan terus kita kembangkan, dan saya minta Kepala Dinas Peternakan meningkatkan kualitas perawatan sapi dan manajemen pengelolaannya, apalagi kalau nanti sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah,” sebutnya.

Nova juga menantang Dinas Peternakan untuk menciptakan inovasi baru lagi sehingga tidak dikelola secara biasa-biasa saja sehingga fasilitas ini menjadi aset yang berharga bagi Pemerintah dan Rakyat Aceh.

Hidup adalah rahasia. Kabar duka menyebar cepat. Guru Besar FKH Unsyiah, Prof. Dr. drh. Djemaat Manan, MS dikabarkan meninggal dunia. Melalui akun twitternya, Nova Iriansyahpun melepas kepergiaan sosok yang begitu setia mengabdikan dirinya untuk memajukan peternakan di Aceh, dengan menyertakan foto pertemuan terakhirnya.

“Innalillahi wainna illaihi raji’un. Dukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bpk. Prof. Dr. drh. Djema’at Manan, MS., pd Pkl. 03.20 wib. di RS Harapan Bunda Banda Aceh. Smg Alm. mendapat syurga Allah & keluarga yg ditinggalkan tawaqqal. Amin ya rabbal alamin. 🤲” tulis Nova.

KOMENTAR FACEBOOK