Pemkab Abdya Salurkan 250 Ton Benih Padi Unggul Gratis

ACEHTREND.COM, Blangpidie – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyalurkan sebanyak 250 ton bibit padi unggul jenis varietas M-400 untuk seluruh petani di Kabupaten Abdya. Benih padi unggul tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kepala Bidang Perbenihan dan Pembibitan Dinas Pertanian Kabupaten Abdya, Hendri Yadi menjelaskan, penyaluran bibit padi unggul varietas M-400 tersebut bertujuan untuk dibudidayakan oleh petani Abdya dalam Musim Tanam (TM) rendengan 2018-2019.

“Benih padi unggul sebanyak 250 ton yang telah kita salurkan ke petani itu berasal dari Pemerintah Pusat sumber APBN. Benih padi bantuan itu sudah kita salurkan ke seluruh petani sekitar sebulan lalu,” ungkap Hendri Yadi, Minggu (13/1/2019).

Hendri menjelaskan, pada musim tanam rendengan tersebut, seluruh petani Abdya akan melakukan tanam serentak benih padi varietas M-400 di lahan lebih kurang 10 ribu hektare yang tersebar dalam sembilan kecamatan di Abdya. Benih padi tersebut diberikan secara gratis oleh pemerintah daerah kepada seluruh petani di Aceh Barat Daya.

“Program tanam padi rendengan saat ini sudah memasuki tahapan penaburan benih di tempat persemaian. Insya Allah di akhir Januari ini semua sawah sudah ditanami padi oleh para petani,” ujarnya.

Hendri mengimbau, bila ada petani yang belum melakukan penaburan benih agar segera melakukan penyemaian benih, sehingga beberapa hari ke depan lahan persawahan sudah dapat dilakukan penanaman.

“Imbauan kita kepada petani, bila ada yang belum menaburkan benih untuk segera mungkin ditaburkan, agar sekitar 15 hari ke depan sudah bisa dilakukan penanaman di lahan persawahan,” kata Hendri.[]

Editor : Ihan Nurdin

KOMENTAR FACEBOOK